Abstract:
Dalam usaha jual beli balur yang Pak Muhammad Yamin tekuni, adakalanya naik
turun sebuah usaha di pengaruhi oleh musim kemarau dan musim banjir. Serta akan
mempengaruhi produksi balur yang dilakukan oleh nelayan yang ada di Desa Jongkong Kiri
Hulu. Tidak hanya itu, juga akan memmpengaruhi banyak dan sedikitnya jumlah balur yang
di beli.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui proses usaha jual beli balur Pak
Muhammad Yamin di Desa Jongkong Kiri Hulu Kecamatan Jongkong Kabupaten Kapuas
Hulu. (2) Mengetahui apa saja kendala dalam usaha jual beli balur Pak Muhammad Yamin di
Desa Jongkong Kiri Hulu Kecamatan Jongkong Kabupaten Kapuas Hulu. (3) Mengetahui
cara memilih strategi yang tepat dalam usaha jual beli balur Pak Muhammad Yamin di Desa
Jongkong Kiri Hulu Kecamatan Jongkong Kabupaten Kapuas Hulu.
Metode dan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dan
metodenya adalah deskriptif. Sumber data terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan
sekunder. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan
dokumentasi. Pengecekan keabsahan data terdiri dari 2 (dua), yaitu triangulasi data dan
member check. Teknik analisis data terdiri dari 4 tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi
data, Diplay data atau penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa: (1) Proses usaha jual beli balur
Pak Muhammad Yamin di Desa Jongkong Kiri Hulu Kecamatan Jongkong Kabupaten
Kapuas Hulu sebagai berikut seperti proses dalam membeli balur (ikan asin) yang berkualitas
dilakukan oleh Pak Muhammad Yamin. Tentu ada cara - caranya yang harus dilihat bentuk
dari balur (ikan asin) itu tidak basah dan tidak terlalu kering serta tidak dihinggapi lalat.
Sehingga balur (ikan asin) yang di beli berkualitas baik. (2) Apa saja kendala dalam usaha
jual beli balur Pak Muhammad Yamin di Desa Jongkong Kiri Hulu Kecamatan Jongkong
Kabupaten Kapuas Hulu. Kendalanya terletak pada modal dan transportasi yang Pak
Muhammad Yamin gunakan dalam membawa balur (ikan asin) ketempat tujuan di daerah
Sekadau. (3) Cara memilih strategi yang tepat dalam usaha jual beli balur Pak Muhammad
Yamin di Desa Jongkong Kiri Hulu Kecamatan Jongkong Kabupaten Kapuas Hulu.Strategi
yang tepat yang cocok dengan usaha jual beli balur (ikan asin) yaitu: Competitive advantage
adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh Pak Muhammad Yamin dalam mengembangkan
sebuah usaha yang lebih baik dibanding dengan pesaingnya. Strategi yang digunakan untuk
memperoleh keunggulan dalam bersaing adalah cost leadership, diferensiasi dan focus.