Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : (1) Persaingan Pasar
Aloe Vera Jika Dilihat Dari Segi Produk (2) Persaingan Pasar Aloe Vera
Jika Dilihat Dari Segi Harga (3) Persaingan Pasar Aloe vera Jika Dilihat
Dari Segi Promosi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di
Jalan Budi Utomo No.3, Siantan Hulu, Kec. Pontianak Utara, Kota
Pontianak, Kalimantan Barat dan dilakukan di Jalan Imam Bonjol Gang.
Tanjung Sari No.19 Bansir Laut. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak,
Kalimantan Barat. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian
ini terdiri dari dua sumber yaitu: sumber data primer dan sumber data
sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data oleh peneliti diperoleh
melalui teknik observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Adapun
analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka kesimpulan
dari penelitian ini adalah bahwa: (1) pada bagian persaingan produk ini
bahwa kedua pelaku usaha melakukan persaingan produk dengan masing-
masing tetap berinovasi dalam menjaga kualitas dan mutu produknya tetap
unggul. (2) Pada bagian Persaingan harga ini, terdapat kesamaan dalam
melakukan persaingan pada harga, bahwasanya kedua pelaku usaha ini
yang mana Ibu Yuliana dan Ibu Sunani, mereka tidak melakukan
persaingan pada harga, meskipun mereka tidak bersaing dengan harga,
namun mereka lebih menjaga kualitas dan mutu produknya. (3) Dan yang
terakhir adalah bagian persaingan promosi, yang mana kedua pelaku usaha
tersebut terdapat perbedaan dalam melakukan persaingan promosi.