Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah pasar Sekura yang lebih dulu
dibandingkan dengan minimarket modern yang ada sekarang yang secara
tidak langsung merasakan dampak oleh kehadiran Minimarket Modern.
Minimarket modern ini semakin berkembang dengan pesat dengan
memburu lokasi yang potensial dan minimarket-minimarket modern
semakin menjamur bukan hanya di daerah perkotaan saja tetapi semakin
menjamur di daerah pedesaan, dimulai pada tahun 2019 sudah mulai banyak
berdirinya Minimarket modern, diantaranya Sakura Mart, Indomaret dan
Alfamart yang semuanya berdekatan di sepanjang jalan desa Sekura lebih
tepatnya di Pasar Sekura.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk Mengetahui Hal Yang Dialami
Pedagang Setelah Adanya Minimarket Modern di Pasar Sekura, Kecamatan
Teluk Keramat, Kabupaten Sambas. 2) Untuk mengetahui pendapatan
Pedagang Pasar Sekura, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Untuk teknik analisis data peneliti mengggunakan reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan
data peneliti menggunakan triangulasi pada konsumen.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang dialami Pedagang
Pasar Sekura setelah adanya Minimarket Modern adalah menurunnya
jumlah pengunjung/konsumen, penurunan penghasilan atau omset, dan
mengalami kerugian atau tidak kembalinya modal, dan untuk pendapatan
pedagang Pasar Sekura dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu tingkat
penjualan barang, harga barang, daya tahan usaha, modal, sistem pelayanan,
pemasaran barang/produk.