STRATEGI PENGEMBANGAN LOKASI WISATA MANGROVE SYARIAH DI DESA SUNGAI KUPAH KECAMATAN KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mun’im, Fathan
dc.contributor.advisor Hanis, Rianda
dc.contributor.author MAYA SARI, DEWI
dc.date.accessioned 2022-10-13T10:03:46Z
dc.date.available 2022-10-13T10:03:46Z
dc.date.issued 2019-01-17
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1382
dc.description.abstract Pariwisata merupakan salah satu hal yang penting bagi suatu negara. Dengan adanya pariwisata ini, maka suatu negara atau lebih khusus lagi pemerintah daerah tempat objek wisata itu berada, akan mendapatkan pemasukan dari pendapatan setiap objek wisata. Potensi yang dimiliki obyek wisata di Desa Sungai Kupah belum dikelola secara optimal sehingga keberadaan aset wisata belum mendapat respon wisatawan dalam bentuk kunjungan wisatanya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan wisata Mangrove Syariah, Strategi perencanaan yang dilakukan guna mendorong pengembangan pada wisata Mangrove Syariah dan Strategi Pemasaran yang di terapkan untuk mengembangkan Mangrove Syariah di Desa Sungai Kupah. Penelitian ini bertujuan untuk mencari strategi pengembangan lokasi wisata Mangrove Syariah di Desa Sungai Kupah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan member check. Hasil penelitian berdasarkan analisis SWOTdapat di ambil beberapa strategi, maka kebijakan Pengembangan Lokasi Wisata Mangrove Syariah adalah : (1)Meningkatkan promosi melalui berbagai media dan melakukan pameran- pameran wisata (2)Meningkatkan sarana dan prasarana serta infrastruktur yang menunjang serta melakukan perbaikan jalan yang rusak dan pelebaran jalan menuju obyek wisata (3)Meningkatkan kualitas SDM dalam mengelola wisata agar mempunyai daya saing dengan memperhatikan nilai keunggulan saing dan keunggulan banding, kekhasan obyek, kebijaksanaan pengembangan serta ketersediaan dana dan tenaga (4)Memanfaatkan potensi yang dimiliki Obyek Wisata Mangrove Syariah yaitu lahan sepanjang 275 M dan mercusuar setinggi 45 M serta mengembangkan peluang yang dapat dijual dan dapat menarik pengunjung.Strategi pemasaran wisata yang dilakukan oleh pengurus Mangrove Syariah menggunakan Maketing Mix ini sudah cukup baik, dari ke-7 proses pemasaran hanya bagian promosi dan bukti fisik yang kurang maksimal disebabkan promosi yang kurang maksimal dan bukti fisik yang belum bisa terjaga kebersihan tempat wisata tersebut di karenakan sampah laut dan pengunjung yang kurang menyadari akan kebersihan tempat wisata. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Wisata en_US
dc.title STRATEGI PENGEMBANGAN LOKASI WISATA MANGROVE SYARIAH DI DESA SUNGAI KUPAH KECAMATAN KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account