Abstract:
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan
strategi mareketing mix yang terdiri dari 4p: product,price,promotion,place yang
dilakukan oleh Toko Mr Jk dalam meningkatkan volume penjualan. Dengan fokus
penelitian pada analisis strategi marketing mix terhadap volume penjualan pada
toko retail Mr.Jk Jl Merdeka Kecamatan Silat Hulu Kabupaten Kapuas Hulu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan (Field research). Sumber data primer berupa pengamatan
langsung serta wawancara narasumber yaitu pemilik dan karyawan toko Mr Jk.
Sedangkan teknik pengumpulan data adalah dengan cara observasi,wawancara,
dan dokumentasi. Yang kemudian data dianalisis dengan teknik reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data pada akhirnya akan di uji
keabsahannya dengan teknik triangulasi data dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwasanya Toko Mr.Jk ini telah
melakukan strategi marketing mix yang terdiri dari 4p : product,price,promotion,
place. Namun hal tersebut tidak berpengaruh singnifikan terhadap volume
penjualan pada toko Mr.Jk.