LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SEPAUK KABUPATEN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Irfani, Amalia
dc.contributor.author MAUL JANNAH, SITI
dc.date.accessioned 2022-09-28T08:40:51Z
dc.date.available 2022-09-28T08:40:51Z
dc.date.issued 2020-09-21
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1122
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Komunikasi interpersonal dalam perspektif Islam siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang sebelum mengikuti layanan konseling kelompok. 2) Pelaksanaan layanan konseling kelompok untuk mengatasi komunikasi interpersonal dalam perspektif Islam kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang. 3) Komunikasi interpersonal dalam perspektif Islam siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang sesudah mengikuti layanan konseling kelompok. 4) Efektivitas layanan konseling kelompok dapat mengatasi komunikasi interpersonal dalam perspektif Islam kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode PTBK. Subjek dan lokasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang yang memiliki komunikasi interpersonal dalam perspektif Islam yang rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, teknik wawancara, teknik observasi. Alat pengumpulan data berupa angket, pedoman observasi, pedoman wawancara. Berdasarkan hasil olahan data menggunakan program Software Microsoft Office Excel For Windows diperoleh hasil : 1) Komunikasi interpersonal dalam perspektif Islam siswa sebelum pelaksanaan konseling kelompok dengan hasil nilai pre-test rata-rata 36,3 menunjukan 6 orang siswa mengalami rendahnya komunikasi. 2) Pelaksanaan layanan konseling kelompok dilakukan 4 kali pertemuan dengan tahap pembentukkan, peralihan, kegiatan, dan pengakhiran sehingga dapat meningkatkan komunikasi interpersonal perspektif Islam. Kondisi ini dapat dilihat dari perubahan proses layanan konseling kelompok pada pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir dan hasil akhir yang dicapai sebagaimana dideskripsikan dari siklus I dan II. 3) Komunikasi interpersonal dalam perspektif Islam siswa sesudah pelaksanaan konseling kelompok dengan hasil post-test siklus I 86,40% dan post-test siklus II 96,93%, menunjukkan adanya peningkatan. 4) Efektivitas layanan konseling kelompok dapat mengatasi komunikasi interpersonal dalam perspektif Islam. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi masing-masing siklus. Kemudian hasil wawancara menunjukkan anggota kelompok mulai paham cara berkomunikasi yang baik dan memahami setiap aspek komunikasi interpersonal dalam perspektif Islam, dan hasil post-test pada siklus II diperoleh skor 96,93%, menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan pada setiap aspeknya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Komunikasi Interpersonal dalam Perspektif Islam en_US
dc.subject SMA en_US
dc.subject Konseling Kelompok en_US
dc.title LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SEPAUK KABUPATEN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account