Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; perencanaan pengembangan
komunikasi visual oleh MDC Chapter Pontianak sebagai media dakwah, pelaksanaan
pengembangan komunikasi visual oleh MDC Chapter Pontianak sebagai media
dakwah, dan evaluasi pengembangan komunikasi visual oleh MDC Chapter Pontianak
sebagai media dakwah dakwah. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara,
observasi non partisipan, dan dokumentasi. Pembahasannya dianalisis melalui
pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa
perencanaan pengembangan komunikasi visual oleh MDC Chapter Pontianak sebagai
media dakwah adalah dengan merumuskan strategi jangka pendek,
mempertimbangkan SWOT, menentukan sikap untuk memutuskan dan melakukan
suatu keputusan dalam proses kegiatan. Adapun pelaksanaan pengembangan
komunikasi visual oleh MDC Chapter Pontianak sebagai media dakwah berupa
rangkaian agenda yang dibuat untuk meningkatkan skill dan dakwah nyata MDC
kepada masyarakat. Dibuat pula kegiatan menyebarkan karya-karya dakwah
komunikasi visual melalui media online Facebook dan Instagram. Sedangkan evaluasi
pengembangan komunikasi visual oleh MDC Chapter Pontianak sebagai media
dakwah berupa evaluasi proses dan evaluasi program keseluruhan.