Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui tingkat efektivitas
komunikasi Instagram sebagai media informasi dalam mencegah penyebaran
COVID-19; 2) Mengetahui hubungan antara karakteristik followers dengan
tingkat efektivitas komunikasi Instagram sebagai media informasi dalam
mencegah penyebaran COVID-19; 3) Mengetahui hubungan antara tingkat
keterdedahan media sosial instagram dengan tingkat efektivitas komunikasi
Instagram sebagai media informasi dalam mencegah penyebaran COVID-19.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendelatan kuantitatif
dengan metode survey kemudian didukung dengan data kualitatif melalui
wawancara mendalam kepada informan dengan menggunakan lembar
pedoman wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental
sampling, dengan jumlah Sampel penelitian sebanyak 97 responden yang
merupakan followers akun Instagram @pontivecenter.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) Efektivitas komunikasi media instagram
@pontivecenter berada pada kategori sedang (nilai rataan 14.15). Rataan dari
masing-masing aspek efektivitas komunikasi media sosial instagram
@pontivecenter aspek kognitif memiliki rataan skor 16 (kategori tinggi),
aspek afektif memiliki rataan skor 15 (kategori sedang), dan aspek konatif
memiliki rataan skor 17 (kategori tinggi); 2) Hubungan karakteristik
followers dengan efektivitas komunikasi instagram menunjukkan bahwa
tidak ada hubungan yang signifikan antara karakeristik reponden berdasarkan
umur, jenis kelamin, dan pekerjaan dengan tingkat efektivitas komunikasi
instagram pada semua aspek. Sedangkan hasil pengujian korelasi pada
karakteristik responden berdasarkan pendidikan dan penggunaan media sosial
dengan tingkat efektivitas komunikasi instagram menujukkan ada hubungan
yang signifikan pada aspek kognitif dan tidak ada hubungan yang signifikan
pada aspek afektif dan konatif; 3) Hubungan antara tingkat keterdedahan
media dengan efektivitas komunikasi instagaram sebagai media penyebaran
informasi Covid-19 menunjukkan hubungan yang signifikan antara tingkat
keterdedahan media sosial instagram pada aspek frekuensi , durasi dan pesan
dengan tingkat efektivitas komunikasi instagaram pada semua aspek.