Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi antar etnis
Melayu dan Tionghoa di Pasar Beringin 1) Bentuk komunikasi apa saja yang terbangun
antara etnis Melayu dan Tionghoa di Pasar Beringin Kelurahan Pasiran Kecamatan
Singkawang Barat. 2) Bahasa yang digunakan antara etnis Melayu dan Tionghoa di
Pasar Beringin Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat. 3) Kendala yang di
hadapi pada proses komunikasi antara etnis Melayu dan Tionghoa di Pasar Beringin
Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif dengan cara mendeskripsikan dan
menginterprestasikan data di lapangan. Sumber data pada penelitian ini adalah
pedagang dan pembeli etnis Melayu dan Tionghoa di Pasar Beringin Kecamatan
Singkawang Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara
mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode
analisis Miles Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan
triangulasi dan membercheck.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi antar etnis Melayu
dan Tionghoa di Pasar Beringin dalam bentuk komunikasi interpersonal dengan
menggunakan bahasa Indonesia, Melayu dan Tionghoa sesuai dengan situasi, kondisi
dan partisipasi: 1) Komunikasi interpersonal yang terjalin antara etnis Melayu dan
Tionghoa di Pasar Beringin dengan penggunaan bahasa verbal dan non verbal. 2)
Bahasa yang digunakan pada komunikasi interpersonal antara etnis Melayu dan
Tionghoa di Pasar Beringin menggunakan bahasa Melayu, Tionghoa dan Indonesia.
Bahasa Melayu digunakan antara pedagang dan pembeli sesama etnis Melayu. Bahasa
Tionghoa digunakan oleh pedagang dan pembeli sesama etnis Tionghoa. Bahasa
Indonesia digunakan antara pedagang Melayu kepada pembeli Tionghoa dan begitu
sebaliknya. 3) Kendala yang dihadapi pada proses komunikasi di Pasar Beringin adalah
ketidakpahaman pedagang Melayu terhadap bahasa Tionghoa dan bahasa pembeli yang
berasal dari Tiongkok.