Abstract:
Penelitian ini memfokuskan pada pesan dakwah yang terkandung
dalam film “Ukhuwah I‟m In Love”. Dalam pembahasannya, terdapat sub
fokus masalah yaitu: Bagaimana pesan dakwah yang terdapat dalam film
“Ukhuwah I‟m In Love” berdasarkan penanda dan petanda; Bagaimana
pesan dakwah yang terdapat dalam film “Ukhuwah I‟m In Love”
berdasarkan Denotasi dan konotasi; dan Bagimana pesan dakwah yang
terdapat dalam film “Ukhuwah I‟m In Love” berdasarkan makna mitos.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif analisis semiotika.
Unit analisis penelitian ini adalah potongan-potongan gambar dan teks, yang
terdapat dalam film “Ukhuwah I‟m In love”. Data penelitian di peroleh dari
sumber data yang berasal dari informasi media, seperti Youtube, dan
melalui pencarian di Google. Selanjutnya ialah sumber data berasal dari
referensi buku-buku, dan skripsi yang berkaitan dengan penelitian yang
peneliti lakukan. teknik pengumpulan data diambil dari data primer dan data
sekunder, yaitu 1) Data primer yang berupa teks dan potongan gambar yang
terdapat dalam film “Ukhuwah I‟m In love”. 2) Data sekunder, yaitu data
pendukung ataupun literatur yang berkaaitan dengan penelitian. Teknik
analisis data yang di gunakan adalah semiotika Roland Barthes yang di
dalamnya terdapat makna penanda dan petanda; makna denotasi dan
konotasi; dan makna mitos. Teknik keabsahan data yang di gunakan adalah
ketekunan pengamatan, kecukupan referensi dan uraian rincian.
Berdasarkan hasil penelitin dalam film “Ukhuwah I‟m In Love”
yang di ambil dari scene-scene maka pesan dakwahnya adalah Islam
mengajarkan umatnya untuk mencintai persudaraan sesama muslim lainnya,
agar ukhuwahnya terjalin dengan baik dan janganlah memutuskan tali
silaturahim, dan sambung keduanya jika mereka berselisih, Karena Islam
melarang hambanya jika tidak bertegur sapa selama melebihi tiga hari.