STRATEGI KOMUNIKASI GURU AGAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMPS KARYA NYATA PUNGGUR KECIL KABUPATEN KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hefni, Harjani
dc.contributor.advisor Hafizah, Evi
dc.contributor.author SARMILA, EKA
dc.date.accessioned 2022-09-16T14:36:21Z
dc.date.available 2022-09-16T14:36:21Z
dc.date.issued 2021-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1026
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, bentuk komunikasi yang digunakan guru agama dan juga kepala sekolah di SMPS Karya Nyata Punggur Kecil, dan juga untuk mengetahui perencanaan, langkah, hambatan dalam proses pembinaan akhlak siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sekunder. Data primer diperoleh dalam penelitian ini melalui pengamatan dan wawancara dengan kepala sekolah, guru agama dan juga para siswa di SMPS KaryaNyata Punggur Kecil. Sementara itu data sekunder didapatkan dari studi kepustakaan, baik itu dalam bentuk buku, artikel, arsip-arsip penting maupun dari website yang berkaitan dengan SMPS Karya Nyata Punggur Kecil, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, bentuk komunikasi yang digunakan guru agama dan juga kepala sekolah di SMPS Punggur Kecil, yaitu komunikasi interpersonal, baik itu dalam bentuk verbal atau non verbal. Dan juga komunikasi kelompok yaitu komunikasi antara seseorang yang berkumpul bersama-sama dalam bentuk kelompok. Selain bentuk komunikasi yang digunakan guru agama dalam pembinaan akhlak ada juga beberapa elemen dalam startegi komunikasi, diantaranya adalah: ;(a) bentuk komunikasi, dalam hal ini guru agama menggunakan komunikasi interpersonal dan juga komunikasi kelompok;(b)perencanaan, dalam hal ini para guru dan juga kepala sekolah, melakukan rapat untuk menentukan atau memutuskan suatu tujuan yang akan dilakukan oleh guru dan juga pihak sekolah, mulai dari penyusunan tentang tata tertib, jam istirahat dan pendidikan akhlak yang baru untuk mencapai tujuan yang diinginkan;(b) langkah-langkah, dalam pelaksanaan sendiri para guru melakukan hal yang sudah direncanakan sebelumnya, yaitu mulai dari didikan akhlak, didikan solat, mentoring, mencegah pergaulan bebas; (c) hambatan, di sini mulai dari pemahaman siswa yang beragam, latar belakang siswa, dan juga sistem sekolah yang mulai dari 13.00-15.00 wib. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Strategi Komunikasi en_US
dc.subject Pembinaan Akhlak en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI GURU AGAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMPS KARYA NYATA PUNGGUR KECIL KABUPATEN KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account