STRATEGI PROMOSI BIDANG PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PADA DINAS KEPEMUDAAN OLAHRAGA DAN PARIWISATA KOTA PONTIANAK TAHUN 2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hafizah, Evi
dc.contributor.advisor Andrian, Bob
dc.contributor.author SUPIATI
dc.date.accessioned 2022-09-16T13:16:19Z
dc.date.available 2022-09-16T13:16:19Z
dc.date.issued 2021-05-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1020
dc.description.abstract Berdasarkan perkembangan kunjungan Wisatawan ke Kota Pontianak pada tahun 2016 sampai dengan 2020, yang setiap tahunnya mengalami peningkatan kunjungan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi Bidang Pariwisata dalam meningkatkan kunjungan Wisatawan pada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak Tahun 2019. Adapun sub fokus penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan Bidang Pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan pada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan skunder yaitu: pertama, sumber data primer adalah Kepala Bidang Pariwisata, Kasi Pemasaran Pariwisata dan Wisatawan yang pernah berkunjung untuk meniknati wisata Kota Pontianak. Kedua, Sumber data skunder adalah dokumentasi, foto dan arsip yang berkaitan dengan penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada analisis data, peneliti menggunakan analisis data interaktif yang dilakukan dengan empat tahapan yakni, pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi atau menarik kesempulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang peneliti gunakan yaitu teknik triangulasi, kecukupan referensi dan auditing. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukan bahwa Strategi Promosi Bidang Pariwisata dalam meningkatkan kunjungan Wisatawan pada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak Tahun 2019 melalui tiga tahapan. Adapun tiga tahapan strategi promosi yaitu, pada tahapan perencanaan yang dilakukan melalui penetapan anggaran promosi, menentukan target analisis pasar, tujuan promosi dan perencanaan pesan. Selanjutnya pada tahap kegiatan pelaksanaan yaitu, dengan melaksanakan kegiatan promosi, menggunakan media promosi, dan event kepariwisataan. Sedangkan dalam tahapan evaluasi yang dilakukan yaitu rapat evaluasi yang menghasilkan dalam bentuk laporan kinerja pertanggung jawaban selama satu periode. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Promosi en_US
dc.subject Pariwisata en_US
dc.subject Promosi Pariwisata en_US
dc.subject Wisatawan en_US
dc.title STRATEGI PROMOSI BIDANG PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PADA DINAS KEPEMUDAAN OLAHRAGA DAN PARIWISATA KOTA PONTIANAK TAHUN 2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account