STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI LANGKA PEMINAT PADA PRODI STUDI AGAMA AGAMA IAIN PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Waldan, Raziki
dc.contributor.author ISLAMIATI, ANISA
dc.date.accessioned 2022-09-07T10:16:58Z
dc.date.available 2022-09-07T10:16:58Z
dc.date.issued 2021-01-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/930
dc.description.abstract Studi Agama-Agama (SAA) merupakan Prodi yang beralih nama dimana sebelumnya dikenal dengan sebutan Perbandingan Agama. Perubahan itu disebabkan dari cara pandang berbagai kalangan yang kurang baik dan tidak sedikit yang mengatakan ilmu ini terkesan memanding- bandingkan Agama satu dengan Agama yang lain sehingga diubah menjadi Studi Agama Agama. Walau Prodi Studi Agama Agama merupakan Prodi yang kurang diminati oleh masyarakat. Semua dikarenakan pandangan masyarakat terhadap ketidakjelasan prospek kerja lulusan SAA. Lemahnya strategi dalam mengenalkan atau mempromosikan Prodi SAA kepada masyarakat juga menjadi penyebab menjadi Prodi langka Peminat. Dengan itu penelitian judul “Strategi Pengembangan Prodi Langka Peminat Pada Prodi Studi Agama Agama IAIN Pontianak” sangat penting untuk di lakukan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kondisi real objektif Prodi Studi Agama Agama IAIN Pontianak dari tahun 2015-2020. Untuk mengetahui peluang dan tantangan di Prodi Studi Agama Agama IAIN Pontianak. Serta mengetahui strategi meningkatkan pengembangan langka peminat di Prodi Studi Agama Agama IAIN Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai kondisi objektif Prodi Studi Agama Agama IAIN Pontianak 2015-2020 bahwa jumlah Mahasiswa Prodi SAA dari tahun ke tahun naik turun. Adapun dari segi prestasi mahasiswa SAA banyak menyumbang nama baik untuk Prodi Studi Agama Agama. Selain prihal itu Prodi Studi Agama Agama juga membentuk tangan kanan ke bawah yang disebut dengan HMPS yang sangat berperan penting di Prodi SAA. Adapun peluang dan tantangan Prodi SAA diantranya kondisi masyarakat yang majemuk, keberagaman agama yang ada di masyarakat Indonesia, langkanya lulusan SAA menjadi peluang karena sedikit pesaing dari lulusan yang sama, serta keberagaman suku di Indonesia khususnya Kalbar sehingga Mahasiswa lulusan SAA dapat mengambil peran untuk menjadi Rekonsiliator. Kemudian tantangan untuk SAA yaitu wawasan agama mahasiswa yang kurang. Selanjutnya mengenai strategi meningkatkan pengembangan langka peminat di prodi Studi Agama Agama IAIN Pontianak. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa strategi yang dapat di perdayakan yaitu from zero to ihero yang berarti dari kosong menjadi berisi, kemudian strategi the power of two yang bermaksud menjalin kerja sama, selain itu juga dengan strategi door to door yaitu mendatangi sekolah atau pesantren, strategi lain adalah optimalisasi beasiswa sebagai daya tarik dan terakhir menjaring para aktivis media elektronik maupun cetak untuk mempromosikan Prodi SAA. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Prodi en_US
dc.subject SAA en_US
dc.subject Mahasiswa en_US
dc.subject Langka Peminat en_US
dc.title STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI LANGKA PEMINAT PADA PRODI STUDI AGAMA AGAMA IAIN PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account