NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUDAYA BERCOCOK TANAM PADI DAYAK KANAYATN MUSLIM KECAMATAN TOHO

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ibrahim
dc.contributor.advisor Wahab
dc.date.accessioned 2022-09-06T07:58:11Z
dc.date.available 2022-09-06T07:58:11Z
dc.date.issued 2022-02-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/911
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap budaya bercocok tanam padi pada masyarakat dayak kanayant muslim di Desa Pak Laheng Kecamatan Toho yang masih ada menggunakan sistem gotong royong dalam bercocok tanam padi. Sehingga dalam pelaksanannya nilai-nilai pendidikan karakter muncul saat bercocok tanam padi dilakukan secara gotong royong atau dikenal dengan balalek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada budaya bercocok tanam Padi Dayak Kanayatn Muslim di Toho (2) apa saja nilai-nilai yang terkandung didalam budaya bercocok tanam padi yang dikerjakan oleh Masyarakat Dayak Kanayatn Muslim di Toho (3) realitas budaya dan nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Budaya Bercocok Tanam Padi Dayak Kanayatn Muslim di Toho Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sedangkan setting penelitian ini bertempat di Desa Pak Laheng Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi langung, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi mendeskripsikan pengalaman, membuat daftar pernyataan, mengelompokkan pernyataan, menuliskan deskripsi tekstural dan menuliskan deskripsi structural. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data peneliti gunakan adalah member check, triangulasi, dan perpanjangan waktu penelitian. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada budaya bercocok tanam Padi Dayak Kanayatn Muslim di Toho a. menerapkan unsur-unsur nilai-nilai pendidikan karakter seperti nilai kejujuran, belas kasihan, kegagahberanian, kasih sayang, kontrol diri, kerjasama, dan kerja keras b. melakukan pendekatan- pendekatan dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter seperti penanaman nilai, perkembangan kognitif, analisis nilai, klarifikasi nilai, pengembangan berbuat (2) apa saja nilai-nilai yang terkandung didalam budaya bercocok tanam padi yang dikerjakan oleh Masyarakat Dayak Kanayatn Muslim di Toho adalah a. mempertahankan unsur-unsur dalam kebudayaan bercocok tanam padi seperti bahasa, pengetahuan, kekeluargaan, serta mata percaharian b. menerapkan proses pembudayaan melalui internalisasi, sosialisasi dan enkulturasi (3) realitas budaya dan nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Budaya Bercocok Tanam Padi Dayak Kanayatn Muslim di Toho menerapkan langkah-langkah pengenalan, pemahaman, keteladanan, dan pembiasaan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Nilai Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Bercocok Tanam Padi en_US
dc.subject Dayak Kanayatn Muslim en_US
dc.title NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUDAYA BERCOCOK TANAM PADI DAYAK KANAYATN MUSLIM KECAMATAN TOHO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account