dc.contributor.advisor | Sukino | |
dc.contributor.advisor | Hidayat, Samsul | |
dc.contributor.author | JUNIANSYAH | |
dc.date.accessioned | 2022-09-06T03:17:16Z | |
dc.date.available | 2022-09-06T03:17:16Z | |
dc.date.issued | 2022-03-05 | |
dc.identifier.uri | https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/909 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tauhid berbasis kitab Áqāida Alĩmăn di pondok pesantren Al-Mukhlishin. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui: 1) Kitab ‘Áqāida Alĩmăn menjadi pilihan pelajaran tauhid. 2) Materi pembelajaran tauhid yang di rujuk dari kitab ‘Áqāida Alĩmăn di Madrasah Al-Mukhlishin. 3) Metode pembelajaran tauhid yang di rujuk dari kitab Áqāida Alĩmăn di Madrasah Al-Mukhlishin. 4) Penilaian pembelajaran tauhid di Madrasah Al-Mukhlishin. Untuk mencapai tujuan peneliti menggunakan metode deskiriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini termasuk penelitian (Field research) dengan mengumpulkan data- data yang ada dilapangan. Dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Kitab ‘Áqāida Alĩmăn merupakan kitab terjemahan dari ulama lokal yang ada di Kabupaten Mempawah yaitu H. Abdur Kadir Ahmad Al-Banjari. 2) materi pembelajaran tauhid antaranya tentang iman kepada Allah, makna islam dan rukun islam dan masih banyak lainnya. 3) metode yang digunakan metode sorogan merupakan metode lama dan metode modern yaitu the power of two. 4) penilaian yang digunakan tidak hanya penilaian lisan dan penilaian tertulis juga penilaian autentik agar penilaian semakin jelas dan tepat. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | IAIN PONTIANAK | en_US |
dc.subject | Tauhid | en_US |
dc.subject | Metode dan Penilaian | en_US |
dc.title | PEMBELAJARAN TAUHID BERBASIS KITAB ÁQĀIDA ALĨMĂN DI MADRASAH AL-MUKHLISHIN ANTIBAR KABUPATEN MEMPAWAH | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |