INTEGRASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER PANCASILA BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syarif
dc.contributor.advisor Wahab
dc.contributor.author BUDIMAN, RIADI
dc.date.accessioned 2022-09-02T01:14:12Z
dc.date.available 2022-09-02T01:14:12Z
dc.date.issued 2021-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/897
dc.description.abstract Berdasarkan hasil pengamatan, telah terdapat fenomena mahasiswa baru Universitas Tanjungpura (UNTAN) lebih religius dan moderat dalam beragama. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis integrasi nilai-nilai keagamaan dalam Program Pendidikan Karakter Pancasila bagi Mahasiswa UNTAN. Jenis penelitian yang digunakan adalah model penelitian grounded research dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Ketua Pusat Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) UNTAN, Tim Dosen Pendikar Pancasila UNTAN, Mentor dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, observasi non partisipan dan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif melalui tahapan: reduksi data, display data, verifikasi dan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi, dan mengadakan member chek. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: 1). Nilai-nilai keagamaan yang diintegrasikan kedalam Program Pendidikan Karakter Pancasila bagi mahasiswa UNTAN meliputi nilai-nilai akidah, nilai-nilai ibadah dan nilai-nilai akhlak baik itu untuk mahasiswa yang beragama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha dan Konghucu. 2) Langkah-langkah mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan kedalam Program Pendidikan Karakter Pancasila bagi mahasiswa UNTAN dimulai dari perencanaan nilai-nilai agama dan program yang akan dilaksanakan dengan mengacu pada visi dan misi universitas, meminta komitmen bersama, melaksanakan integrasi nilai-nilai keagamaan secara kontinu dan konsisten melalui Program Pendidikan Karakter Pancasila bagi mahasiswa UNTAN dan terakhir melakukan evaluasi terhadap Program Pendidikan Karakter Pancasila bagi mahasiswa UNTAN yang telah dan sedang berjalan. 3) Faktor yang mempengaruhi dalam mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan kedalam Program Pendidikan Karakter Pancasila bagi mahasiswa UNTAN mulai dari faktor pendukung adalah dukungan dari pimpinan universitas, sumberdaya manusia kampus baik civitas akademika maupun tenaga kependidikan. Faktor luar kampus yang juga mendukung adalah program pemerintahan yang mempunyai misi peningkatan kualitas manusia Indonesia yang diejawantahkan dalam visi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan faktor penghambat ini terletak pada mahasiswa dikarenakan karena motivasi yang rendah, karena jaraktempat tinggal yang jauh dengan kampus atau dikarenakan status mahasiswa baru yang masih awam terhadap kegiatan kemahasiswaan, jadwal yang berbenturan dengan jadwal perkuliahan maupun kegiatan kampus yang lain. Namun terkadang ada juga orang tua yang kurang bekerjasama dan yang paling dahsyat yaitu adanya pandemik Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang dapat membatasi terlaksananya program ini baik itu dikarenakan sinyal komunikasi yang lemah maupun terbatasnya kuota internet yang dimiliki mahasiswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Integrasi Nilai Keagamaan en_US
dc.subject Program Pendidikan Karakter Pancasila id
dc.subject Moderasi Beragama id
dc.subject Grounded Research id
dc.subject Pancasila id
dc.title INTEGRASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER PANCASILA BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS TANJUNGPURA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account