dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Problematika
Pengelolaan Standar Nasional Pendidikan (SNP) di Madrasah dan Langkah
Strategis Penyelesaiannya (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Istiqomah
Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat Indonesia-Malaysia).
Pengelolaan Standar Nasional Pendidikan dan langkah strategis penyelesaian
tidak dapat dilaksanakan dalam lingkungan madrasah saja, melainkan masyarakat
sekitar juga harus ikut andil demi tercapainya tujuan madrasah. Temuan peneliti
bahwa Madrasah Tsanawiyah Istiqomah adalah satu-satu madrasah di wilayah
perbatasan di Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat dan
mayoritas penduduk beragama islam.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana problem pengelolaan standar isi di
Madrasah Tsanawiyah Istiqomah kecamatan Entikong ? 2) Bagaimana problem
pengelolaan standar proses di Madrasah Tsanawiyah Istiqomah kecamatan
Entikong ? 3) Bagaimana problem pengelolaan Standar Sarana dan Prasarana di
Madrasah Tsanawiyah Istiqomah kecamatan Entikong ? 4) Langkah strategis
untuk menyelesaikan problematika Madrasah Tsanawiyah Istiqomah kecamatan
Entikong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan yang menjadi
sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan kepala Madrasah Tsanawiyah
Istiqomah Entikong. Untuk memperoleh data yang berkaitan dengan fokus
penelitian ini, peneliti memlilih teknik observasi non partisipan, diperkuat dengan
wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data dan deskripsi data yang diperoleh, maka
dapat disimpulkan bahwa konseptual dalam pengelolaan dan langkah strategis
penyelesaian dengan 1) Standar isi proses belajar mengajar tidak menggunakan
perangkat pembelajaran yang menunjang. Keterangan yang telah dideskripsikan
sebelumnya menunjukkan bahwa pencapaian standar isi dalam hal ini kurikulum,
silabus, dan penetapan kriteria ketuntasan minimal yang telah diterapkan oleh
manajemen MT.s Istiqomah Entikong memberikan gambaran belum disusun
sesuai dengan delapan Standar Pendidikan Nasional. 2) Standar proses yang
dilakukan di MT.s Istiqomah Entikong perlu mengacu pada standar pendidikan
nasional. 3) Standar sarana dan prasarana yang dikelola oleh manajemen belum
memadai. Hal ini menyebabkan proses belajar mengajar menjadi tidak kondusif,
bahkan masih menumpang di ruang kelas SMK. 4) Dilakukannya pengembangan
kurikulum berbasis kompetensi, Madrasah hendaknya meriview kembali
kurikulum yang digunakan sesuai dengan ketetapan standar nasional pendidikan,
Madarasah mengundang nara sumber atau tim ahli dalam menyusun kurikulum. |
en_US |