KINERJA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROESIONALITAS GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NASYIIN DESA SIMPANG KANAN KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Firdaus, Achmad
dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.author JUMIATIK
dc.date.accessioned 2022-09-01T04:31:05Z
dc.date.available 2022-09-01T04:31:05Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/893
dc.description.abstract Kinerja kepala madrasah sebagai pemimpin mencerminkan tanggung jawab kepala madrasah untuk menggerakkan seluruh sumber daya yang ada di madrasah, sehingga lahir etos kerja yang dan prokdutifitas yag tinggi dalam mencapai tujuan. Kepala madrasah sebagai sosok pimpinan yang diharapkan dapat mewujudakan harapan. Oleh karena itu diperlukan seorang kepala madrasah yang mempunyai wawasan ke depan dan kemapuan yang memadai dalam menggerakan organisasi madrasah. Adapun tujuan dari pembahasan dalam penelitian ini adalah; (1). untuk mengetahui tanggung jawab kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru, (2). untuk mengetahui bagaimana program kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru (3). untuk mengetahui bagaimana upaya pelaksanaan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Pengumpulan data ini telah dilakukan wawancara kepada sejumlah informan seperti kepada tenaga pendidik atau guru yang berkompeten di bidangnya. Hasil dari penelitian ini diperoleh sebagai berikut: (1). Tanggung jawab kepala madrasah di madrasah Tsanawiyah Darun Nasyiin Desa Simpang Kanan Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Guru dan kepala madrasah harus saling memiliki sifat keterbukaan agar semua masalah dapat teratasi dengan baik. Masalah dalam tanggung jawab ini Kepala madrasah Ada dua faktor yaitu: faktor internal dan ekternal. Faktor internal itu muncul dari dari kurangnya maksimal dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, sedangkan faktor ekternal itu adalah minimnya keuangan serta sarana dan prasarana. (2). proggram kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru adalah: adanya program harian, mingguan, bulanan serta tahunan. Namun kepala sekolah lebih menitikbertkan pada pembinaan guru agar terciptanya guru yang profesionalitas. (3). Upaya kepala sekolah dalam meningkat profesionalitas guru adalah dengan mengikut sertakan para guru dalam pelatihan-pelatihan, seperti mengaktifkan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). Serta memberikan motivasi kepada guru untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Dan bagi guru yang sudah menyelesaikan SI kepala sekolah mengupayakan agar dapat mengikuti program sertifikasi guru yang dilaksanakan oleh kementerian pendidikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kinerja kepala, Profesionalitas guru, Prestasi Belajar Siswa. en_US
dc.title KINERJA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROESIONALITAS GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NASYIIN DESA SIMPANG KANAN KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account