dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Etika Bisnis Islam,
kepuasan nasabah, kepercayaan dan komitmen terhadap kepuasan pelanggan Pada
PT Bank Syariah Indonesia KCP Pontianak Ahmad Yani 1 . Jenis dan pendekatan
penelitian ini yaitu mix method yakni penggabungan antara metode kualitatif dan
kuantitatif. Dengan menggunakan sampel sebanyak 98 responden, adapun teknik
analisis data yang digunakan pada metode kuantitatif yaitu dengan analisis regresi
linier berganda dan uji hipotesis (uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2).
Sedangkan tekhnik analisis data yang digunakan pada metode kualitatif dengan
menggunakan wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan
secara parsial etika Bisnis Islam berpengaruh terhadap customer retention dengan
nilai probabilitas (Sig) 0,003 = 0,05, kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap
customer retention dengan nilai probabilitas (Sig) 0,000< 0,05.Kepercayaan
berpengaruh terhadap customer retention dengan nilai probabilitas (Sig) 0,004<
0,05 dan komitmen berpengaruh terhadap customer retention dengan nilai
probabilitas (Sig) 0,000< 0,05. Sedangkan hasil penelitian dari Hasil uji koefisien
determinasi menunjukan pengaruh antara variabel X1,X2,X3,X4 terhadap variabel
Y sebesar 69,3 % . Dan dari hasil wawancara menyatakan Bahwa faktor-faktor
dalam mempertahankan pelanggan itu adalah memberikan kepuasan kepada
nasabah, menjalankan usaha sesuai dengan norma-norma, selalui mengedepan
kepercayaan dan komitmen dalam melayani maka perusahaan akan selalu
berkembang bila faktor-faktor ini bisa diterapkan dalam sebuah usaha. |
en_US |