MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN KELAS VIII A DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Masrih
dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.author JANNAH, NISWATUN
dc.date.accessioned 2022-06-30T03:45:09Z
dc.date.available 2022-06-30T03:45:09Z
dc.date.issued 2018-12-26
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/837
dc.description.abstract Latar belakang diangkatnya penelitian ini adalah guru yang mengampu mata pelajaran ke muhammdiyahan kurang member motivasi awal pada siswa/siswi saat pembelajaran sedang berlangsung. Sehingga siswa/siswi yang mengikuti pembelajaran tersebut kurang bersemangat. Guru dalam menyampaikan materi kurang mengikuti langkah-langkah terdapat pada pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1)karakteristik materi pembelajaran kemuhammadiyahan yang terdapat pada model pembelajaran kooperatif kelas VIII Adi SMP Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun 2018/2019. 2)langkah-langkah pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran kemuhammadiyahan kelas VIII Adi SMP Muhammadiyah 1 Pontianak tahun pelajaran 2018/2019.3)model pembelajaran kooperatif dijadikan model pembelajaran pada mata pelajaran kemuhammadiyahan kelas VIII Adi SMP Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah primer dan sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah Guru Kemuhammadiyahan kelas VIII Adi SMP Muhammadiyah 1 Pontianak; 2) Sumber sekunder adalah bukuskripsi, jurnal serta data yang relevan berupa dokumen yang berhubungan pembelajaran kooperatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data ialah observasi, dokumentasi. iTahapan analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek. Dalam Penelitian ini peneliti mendeskripsikan data secara apa adanya sesuia dengan temuan data dilapangan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka dapat disimpulkan:1)karakteristik materi pembelajaran kemuhammadiyahan yang terdapat pada model pembelajaran kooperatif kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 1 Pontianak yaitu muhammadiyah sebagai gerakan Islam, muhammadiyah sebagai gerakan dakwah, muhammadiyah sebagai gerakan tajdid, organisasi muhammadiyah, amal usaha muhammadiyah.2)langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan di Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Pontianak yaitu menyampaikan tujuan, menyampaikan motivasi, menyampaikan informasi, mengelompokkan siswa kedalam kelompok belajar, membimbing kelompok bekerja dan belajar, memberikan evaluasi, memberi penghargaan secara kelompok. 3)model pembelajaran kooperatif dijadikan model pembelajaran pada mata pelajaran kemuhammadiyahan di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Pontianak yaitu disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran kemuhammadiyahan, disesuaikan dengan karakter peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model PembelajaranKooperatifKemuhammadiyahan en_US
dc.title MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN KELAS VIII A DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account