dc.description.abstract |
Latar belakang diangkatnya penelitian ini adalah guru yang mengampu
mata pelajaran ke muhammdiyahan kurang member motivasi awal pada
siswa/siswi saat pembelajaran sedang berlangsung. Sehingga siswa/siswi yang
mengikuti pembelajaran tersebut kurang bersemangat. Guru dalam menyampaikan
materi kurang mengikuti langkah-langkah terdapat pada pembelajaran kooperatif.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1)karakteristik materi
pembelajaran kemuhammadiyahan yang terdapat pada model pembelajaran
kooperatif kelas VIII Adi SMP Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun 2018/2019.
2)langkah-langkah
pembelajaran
kooperatif
pada
mata
pelajaran
kemuhammadiyahan kelas VIII Adi SMP Muhammadiyah 1 Pontianak tahun
pelajaran
2018/2019.3)model
pembelajaran
kooperatif
dijadikan
model
pembelajaran pada mata pelajaran kemuhammadiyahan kelas VIII Adi SMP
Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah primer dan sekunder, yaitu: 1)
Sumber primer adalah Guru Kemuhammadiyahan kelas VIII Adi SMP
Muhammadiyah 1 Pontianak; 2) Sumber sekunder adalah bukuskripsi, jurnal serta
data yang relevan berupa dokumen yang berhubungan pembelajaran kooperatif.
Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data ialah observasi, dokumentasi.
iTahapan analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data,
display data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan
keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek.
Dalam Penelitian ini peneliti mendeskripsikan data secara apa adanya
sesuia dengan temuan data dilapangan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan,
maka dapat disimpulkan:1)karakteristik materi pembelajaran kemuhammadiyahan
yang terdapat pada model pembelajaran kooperatif kelas VIII A di SMP
Muhammadiyah 1 Pontianak yaitu muhammadiyah sebagai gerakan Islam,
muhammadiyah sebagai gerakan dakwah, muhammadiyah sebagai gerakan tajdid,
organisasi muhammadiyah, amal usaha muhammadiyah.2)langkah-langkah
Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan di Kelas VIII
A SMP Muhammadiyah 1 Pontianak yaitu menyampaikan tujuan, menyampaikan
motivasi, menyampaikan informasi, mengelompokkan siswa kedalam kelompok
belajar, membimbing kelompok bekerja dan belajar, memberikan evaluasi,
memberi penghargaan secara kelompok. 3)model pembelajaran kooperatif
dijadikan model pembelajaran pada mata pelajaran kemuhammadiyahan di kelas
VIII A SMP Muhammadiyah 1 Pontianak yaitu disesuaikan dengan karakteristik
mata pelajaran kemuhammadiyahan, disesuaikan dengan karakter peserta didik. |
en_US |