PEMBELAJARAN KITAB NASHA-IH AL-‘IBAD DI PONDOK PESANTREN NURUL ALAMIYAH DESA WAJOK HILIR KECAMATAN SIANTAN KABUPATEN MEMPAWAH (STUDI TERHADAP URGENSI DAN DINAMIKA PROSES PEMBELAJARAN BAGI SANTRI KELAS IV TAHUN AJARAN 2018/2019)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Surya Atmaja, Dwi
dc.contributor.advisor Dulhadi
dc.contributor.author MUKSIN
dc.date.accessioned 2022-06-29T11:08:39Z
dc.date.available 2022-06-29T11:08:39Z
dc.date.issued 2019-01-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/835
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap permasalahan yang terjadi di pondok pesantren Nurul Alamiyah. Pembelajaran kitab Nasha-Ih Al-‘Ibad di pondok pesantren Nurul Alamiyah akan berjalan dengan baik apabila ustadz memahami berbagai metode dan media pembelajaran kitab kuning yang relevan dengan materi yang akan diajarkan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana kandungan materi kitab Nasha-ih al-‘Ibad bagi santri kelas IV di pondok pesantren Nurul Alamiyah 2) Bagaimana dinamika proses pembelajaran kitab Nasha-ih al-‘Ibad bagi santri kelas IV di pondok pesantren Nurul Alamiyah 3) Bagaimana urgensi kitab Nasha-ih al-‘Ibad bagi santri kelas IV di pondok pesantren Nurul Alamiyah. Metode yang dugunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek adalah dengan cara membagi sumber data menjadi 2 bagian, adapun yang menjadi sumber data utama yaitu kiai, ustadz dan santri. Adapun sumber data tambahan ialah segala bentuk dokumen seperti bentuk tertulis dan poto. Setting penelitian ini dilakukan di pondok pesantren Nurul Alamiyah Desa Wajok Hilir Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara medalam, pengamatan langsung dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif melalui tahapan: reduksi data, display data dan verifikasi dan kesimpulan sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu: Memperpanjang Keikutsertaan atau Observasi, triangulasi dan Pemeriksaan Anggota (Member Chek). Peneliti menyimpulkan bahwa 1) Pembelajaran kitab Nasha-ih al-‘Ibad yang diberikan kepada santri kelas IV di pondok pesantren Nurul Alamiyah sangat penting sekali untuk pengantar bagi langkah ijtihad, pembinaan hukum Islam kontemporer dan mendidik calon-calon ulama’ yang alim dalam bidang ilmu agama. 2) Metode dan media yang digunakan dalam menyamaikan materi kitab Nasha-ih al-‘Ibad ialah metode ceramah, tanya jawab, bandongan, watonan dan sorongan. Adapun media yang digunakan ialah media visual seperti slide power poin. 3) Pembelajaran kitab Nasha-ih al-‘Ibad sangat urgen sekali terutama untuk mencetak kader-kader ulama’ yang alim dalam bidang ilmu agama, sebagai pengantar bagi langkah ijtihad dan pembinaan hukum Islam kontemporer. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran Kitab Nasha-ih al-‘Ibad en_US
dc.title PEMBELAJARAN KITAB NASHA-IH AL-‘IBAD DI PONDOK PESANTREN NURUL ALAMIYAH DESA WAJOK HILIR KECAMATAN SIANTAN KABUPATEN MEMPAWAH (STUDI TERHADAP URGENSI DAN DINAMIKA PROSES PEMBELAJARAN BAGI SANTRI KELAS IV TAHUN AJARAN 2018/2019) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account