FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 12 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.author MUNAWWARAH, RIRIN
dc.date.accessioned 2022-06-29T04:52:13Z
dc.date.available 2022-06-29T04:52:13Z
dc.date.issued 2017-04-26
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/828
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena konsentrasi belajar siswa yang tidak maksimal karena pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di berbagai lembaga pendidikan baik di sekolah ataupun di madrasah, dalam pelaksanaannya masih sebatas sebagai proses penyampaian pengetahuan tentang Agama Islam. Untuk menjawab masalah tersebut, peneliti kemudian mengobservasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar yang dikemas dalam skripsi melalui 3 (tiga) rumusan masalah, 1) bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, 2) Faktor-faktor yang menghambat konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan 3) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi siswa pada mata pelajaran PAI. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tiga rumusan masalah di atas, yaitu: 1) untuk mendapatkan informasi tentang prestasi siswa, 2) untuk mengumpulkan informasi tentang faktor- faktor yang menghambat konsentrasi, dan 3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan sekolah terkait. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dipadukan dengan purposive sampling. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI rendah yang dilatarbelakangi konsentrasi belajar siswa yang tidak maksimal. Hal itu ditunjukkan prestasi yang dicapai oleh peserta didik dalam mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 12 Pontianak masih di bawah standar ketuntasan minimal, 2) faktor-faktor yang menghambat konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dikarenakan oleh faktor internal dan eksternal, peserta didik sebagian besar lebih sibuk dengan aktivitasnya sendiri dan teman-temannya, dan faktor konsentrasi lainnya berupa kemampuan guru dimana guru hendaknya dapat membuat peserta didiknya berkonsentrasi agar dapat mencapai hasil belajar yang optimal. dan 3) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik yaitu dengan menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan kondisi peserta didik dan sarana yang ada, dan memberikan tugas kepada peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran PAI, Konsentrasi Belajar en_US
dc.title FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 12 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account