dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena konsentrasi belajar
siswa yang tidak maksimal karena pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di
berbagai lembaga pendidikan baik di sekolah ataupun di madrasah, dalam
pelaksanaannya masih sebatas sebagai proses penyampaian pengetahuan tentang
Agama Islam. Untuk menjawab masalah tersebut, peneliti kemudian mengobservasi
faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar yang dikemas dalam skripsi
melalui 3 (tiga) rumusan masalah, 1) bagaimana prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran PAI, 2) Faktor-faktor yang menghambat konsentrasi belajar siswa pada
mata pelajaran PAI dan 3) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi
siswa pada mata pelajaran PAI. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk
mendiskripsikan tiga rumusan masalah di atas, yaitu: 1) untuk mendapatkan
informasi tentang prestasi siswa, 2) untuk mengumpulkan informasi tentang faktor-
faktor yang menghambat konsentrasi, dan 3) untuk mengetahui upaya yang
dilakukan sekolah terkait.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif
dipadukan dengan purposive sampling. Teknik pengecekan keabsahan data dalam
penelitian ini menggunakan metode triangulasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran PAI rendah yang dilatarbelakangi konsentrasi belajar siswa yang tidak
maksimal. Hal itu ditunjukkan prestasi yang dicapai oleh peserta didik dalam mata
pelajaran PAI kelas VIII SMPN 12 Pontianak masih di bawah standar ketuntasan
minimal, 2) faktor-faktor yang menghambat konsentrasi belajar siswa pada mata
pelajaran PAI dikarenakan oleh faktor internal dan eksternal, peserta didik sebagian
besar lebih sibuk dengan aktivitasnya sendiri dan teman-temannya, dan faktor
konsentrasi lainnya berupa kemampuan guru dimana guru hendaknya dapat
membuat peserta didiknya berkonsentrasi agar dapat mencapai hasil belajar yang
optimal. dan 3) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar
peserta didik yaitu dengan menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran dan sesuai
dengan kebutuhan peserta didik dengan kondisi peserta didik dan sarana yang ada,
dan memberikan tugas kepada peserta didik. |
en_US |