KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA MENURUT ZAKIAH DARADJAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariansyah
dc.contributor.advisor Yusuf Hidayat, M.
dc.contributor.author Marwiyah
dc.date.accessioned 2022-06-28T10:13:05Z
dc.date.available 2022-06-28T10:13:05Z
dc.date.issued 2019-10-27
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/823
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pendidikan keluarga adalah lembaga pendidikan yang pertama dan utama, sebagai peletak pondasi awal pendidikan Islam anak. Pada zaman modern ini banyak dari kalangan orang tua yang kurang menyadari peranannya sebagai pendidik pertama bagi anak. Hal ini dilihat dari fenomena orang tua yang menyerahkan pengasuhan anak kepada jasa asisten rumah tangga atau menyerahkan pengasuhannya kepada baby sitter yang mana sangat berpengaruh terhadap perkembangan perilaku anak dimasa mendatang. Dalam hal ini yang menjadi fokus umum dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan Islam dalam keluarga menurut Zakiah Daradjat dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan Islam dalam keluarga menurut Zakiah Daradjat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk dalam library research (penelitian kepustakaan) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam material yang terdapat di ruang perpustakaan, seperti buku-buku, majalah- majalah, dokumen, catatan dan kisah-kisah sejarah dan lainnya. Adapun Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis data pada penelitian ini adalah kajian naratif (narrative inquiry). Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa permasalahan-permasalahan pendidikan Islam dalam keluarga menurut Zakiah Daradjat ada lima, dua diantaranya yaitu perempuan yang bekerja di luar rumah, peran lingkungan keluarga dalam generasi muda (remaja). Adapun persoalan pendidikan Islam dalam keluarga pada saat ini ada enam, dua diantaranya yaitu perceraian, pernikahan usia muda. Berdasarkan pada permasalahan tersebut, maka Zakiah Daradjat mengajukan beberapa gagasan untuk mengatasi permasalahan pada saat ini yaitu keluarga sebagai wadah utama pendidikan, pembinaan iman dan tauhid dan pembinaan akhlak. Konsep pendidikan Islam dalam keluarga yang Zakiah Daradjat paparkan diatas sesuai dengan persoalan yang terjadi pada saat ini atau bisa saja dianalokkan. Hasil dari penelitian ini adalah terkait dengan konsep Zakiah Daradjat tentang pendidikan Islam dalam keluarga diantaranya. 1. Keluarga sebagai wadah utama pendidikan. 2. Pembinaan iman dan tauhid. 3. Pembinaan akhlak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pendidikan Islam, Keluarga, Zakiah Daradjat. en_US
dc.title KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA MENURUT ZAKIAH DARADJAT en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account