dc.description.abstract |
Skripsi ini berjudul “Pendidikan Keluarga (Tinjauan Materi dan
Metode pada Al Qur’an Surah Luqman Ayat 12-19)” masalah utama yang
dibahas dalam skripsi ini adalah apa materi dan bagaimana metode
pendidikan keluarga dalam Q.S. Luqman ayat 12-19 perspektif Tafsir Al
Misbah dan Tafsir Fi Zhilalil Qur’an.
Skripsi ini termasuk penelitian kepustakaan (library resech), yakni
berusaha untuk menguak secara konseptual tentang berbagai hal yang
berkaitan dengan pendidikan keluarga Qur’an surah Luqman ayat 13-19.
Sumber data dalam penelitian ini yaitu data-data yang diperoleh dari
penafsiran ahli tafsir dan sumber data yang dijadikan sebagai alat bantu
dalam menganalisis masalah yang muncul, yaitu buku-buku yang ada
relevansinya dengan pembahasan. Adapun metode dalam penelitian ini
adalah metode analisis isi (content analysis) yaitu suatu teknik
penyelidikan yang berusaha untuk menguraikan secara objektif, sistematik
dan kualitatif isi yang termanifestasikan dalam suatu komonikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Meteri pendidikan keluarga
dalam Q.S. Luqman ayat 12-19 terdiri dari pendidikan aqidah (tauhid)
berupa; Syirik. Pendidikan akhlak berupa; akhlak kepada Allah, bersyukur
kepada Allah, berbuat baik kepada oang tua, akhlak terhadap sesama.
Pendidikan ibadah berupa; shalat, amar ma’ruf nahi munkar. 2) Metode
pendidikan keluarga dalam Q.S. Luqman ayat 12-19 yaitu berupa nasehat |
en_US |