dc.description.abstract |
Latar belakang dalam penelitian ini adalah nilai yang memenuhi standar
ketuntasan yang ditetapkan oleh Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah 3 Kabupaten
Mempawah, hasil nilai ulangan harian siswa dengan ketuntasan sebesar 25% dan
yang belum tuntas sebesar 75%. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk: 1) mengetahui hasil belajar yang menggunakan strategi Everyone Is A
Teacher Here pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada materi Dakwah
Nabi Muhammad di Madinah pada kelas VII A Madrasah Tsanawiyah 3
Kabupaten Mempawah, 2) mengetahui hasil belajar yang menggunakan Diskusi
Kelompok pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada materi Dakwah Nabi
Muhammad di Madinah pada kelas VII B Madrasah Tsanawiyah 3 Kabupaten
Mempawah, 3) mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil
belajar penggunaan strategi everyone is a teacher here dengan diskusi kelompok
pada mata pelajaran SKI Kelas VII A dan VIIB Materi Dakwah Nabi Muhammad
di Madinah pada Madrasah Tsanawiyah 3 Kabupaten Mempawah.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi dan pengukuran berupa tes. Sumber
data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran SKI dan siswa kelas VIIA
dan VIIB. Teknik analisis data menggunakan presentase.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
bahwa: 1) Hasil belajar menggunakan Strategi Everyone Is A Teacher Here mata
pelajaran SKI pada materi Dakwah Nabi Muhammad di Madinah kelas VII A
yang dilakukan di akhir pembelajaran bahwa jumlah hasil belajar siswa yaitu
1025, dengan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 52, nilai tertinggi 70 dan nilai
terendah 30, 2) Hasil belajar menggunakan diskusi kelompok mata pelajaran SKI
pada materi Dakwah Nabi Muhammad di Madinah kelas VII B yang dilakukan di
akhir pembelajaran bahwa jumlah hasil belajar siswa yaitu 710, dengan rata-rata
hasil belajar siswa yaitu 38, nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 15, 3)
Perhitungan SPSS diketahui besar T hitung > T tabel adalah 29,034 dan nilai dengan db
65 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,000. Nilai T hitung > T tabel atau Nilai p lebih
kecil dari 0,05 (p= 0,000 < 0,05). Dengan demikian hasil uji-t tersebut
menunjukkan terdapat perbandingan penggunaan diskusi kelompok dengan
strategi everyone is a teacher here terhadap hasil belajar SKI kelas VII A materi
Dakwah Nabi Muhammad di Madinah pada Madrasah Tsanawiyah 3 Kabupaten
Mempawah. |
en_US |