KOMPARASI PENGGUNAAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SKI KELAS VII MATERI DAKWAH NABI MUHAMMAD DI MADINAH PADA MADRASAH TSANAWIYAH 3 KABUPATEN MEMPAWAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Zulkarnain
dc.contributor.author MULYANI, FITRIA
dc.date.accessioned 2022-06-27T10:15:52Z
dc.date.available 2022-06-27T10:15:52Z
dc.date.issued 2021-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/816
dc.description.abstract Latar belakang dalam penelitian ini adalah nilai yang memenuhi standar ketuntasan yang ditetapkan oleh Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah 3 Kabupaten Mempawah, hasil nilai ulangan harian siswa dengan ketuntasan sebesar 25% dan yang belum tuntas sebesar 75%. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui hasil belajar yang menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada materi Dakwah Nabi Muhammad di Madinah pada kelas VII A Madrasah Tsanawiyah 3 Kabupaten Mempawah, 2) mengetahui hasil belajar yang menggunakan Diskusi Kelompok pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada materi Dakwah Nabi Muhammad di Madinah pada kelas VII B Madrasah Tsanawiyah 3 Kabupaten Mempawah, 3) mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar penggunaan strategi everyone is a teacher here dengan diskusi kelompok pada mata pelajaran SKI Kelas VII A dan VIIB Materi Dakwah Nabi Muhammad di Madinah pada Madrasah Tsanawiyah 3 Kabupaten Mempawah. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pengukuran berupa tes. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran SKI dan siswa kelas VIIA dan VIIB. Teknik analisis data menggunakan presentase. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar menggunakan Strategi Everyone Is A Teacher Here mata pelajaran SKI pada materi Dakwah Nabi Muhammad di Madinah kelas VII A yang dilakukan di akhir pembelajaran bahwa jumlah hasil belajar siswa yaitu 1025, dengan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 52, nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 30, 2) Hasil belajar menggunakan diskusi kelompok mata pelajaran SKI pada materi Dakwah Nabi Muhammad di Madinah kelas VII B yang dilakukan di akhir pembelajaran bahwa jumlah hasil belajar siswa yaitu 710, dengan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 38, nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 15, 3) Perhitungan SPSS diketahui besar T hitung > T tabel adalah 29,034 dan nilai dengan db 65 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,000. Nilai T hitung > T tabel atau Nilai p lebih kecil dari 0,05 (p= 0,000 < 0,05). Dengan demikian hasil uji-t tersebut menunjukkan terdapat perbandingan penggunaan diskusi kelompok dengan strategi everyone is a teacher here terhadap hasil belajar SKI kelas VII A materi Dakwah Nabi Muhammad di Madinah pada Madrasah Tsanawiyah 3 Kabupaten Mempawah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Diskusi Kelompok en_US
dc.subject Strategi Everyone Is A Teacher Here id
dc.subject Hasil Belajar id
dc.subject Mempawah id
dc.title KOMPARASI PENGGUNAAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SKI KELAS VII MATERI DAKWAH NABI MUHAMMAD DI MADINAH PADA MADRASAH TSANAWIYAH 3 KABUPATEN MEMPAWAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account