PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SECARA VIRTUAL PADA MATERI UNSUR-UNSUR HADITS KELAS X IPS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, A.
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author ILMI HILYATI, ADINDA
dc.date.accessioned 2022-06-24T15:33:06Z
dc.date.available 2022-06-24T15:33:06Z
dc.date.issued 2021-09-20
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/808
dc.description.abstract Pembelajaran Al-Qur’an Hadits merupakan pembelajaran yang menekankan pembelajarannya pada Al-Qur’an dan Hadits. Sedangkan pembelajaran virtual adalah pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa melalui jejaring internet dan elektronik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara virtual pada kelas X IPS di Madrasah Aliyah Negeri 2 kota Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Dengan kata lain penelitian ini merupakan penelitian yang mencoba menjelaskan atau mengungkapkan makna, konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. Peneliti mengambil data dengan melakukan wawancara kepada guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan siswa kelas X IPS 1-3 berjumlah 4 siswa pada masing-masing kelas, serta melakukan observasi pada pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang berlangsung secara virtual. Alat pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, handphone untuk mendokumentasikan. Untuk menganalisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan memberikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk pemeriksaan data dilakukan dengan member check. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, dapat peneliti simpulkan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara virtual ini dilaksanakan melalui whats app, google meet, dan E-learning madrasah. Perencanaan yang dilakukan guru adalah dengan menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar, power point dan bahan ajar. Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits secara virtual melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kendala-kendala yang dialami dari internal guru adalah kurang menguasi teknologi. Sedangkan internal siswa adalah kuota yang terbatas, kurangnya minat/motivasi, kesulitan memahami materi. Kendala dari segi eksternal adalah aplikasi yang eror, jaringan yang tidak stabil, waktu pembelajaran yang terbatas. Solusi yang dilakukan guru adalah belajar untuk menguasai teknologi, memberikan motivasi kepada siswa, dan melakukan inovasi terhadap kendala yang terjadi dalam pembelajaran. Solusi yang dilakukan siswa adalah bertanya saat mengalami kesulitan dalam memahami materi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Pembelajaran virtual. en_US
dc.title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SECARA VIRTUAL PADA MATERI UNSUR-UNSUR HADITS KELAS X IPS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account