dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kemampuan Gerak Dasar Tari
pada anak dini siswa kelompok B1 Tk Aulia Pontianak Barat. Adapun indikator
dari Kemampuan Gerak Dasar Tari pada anak antara lain: anak belum dapat
melakukan gerakan dasar tari tangan dan kaki, gerakan dasar tari kepala dan
mengayunkan badan, menirukan gerakan tari kreasi dengan iringan musik,
menirukan gerakan berjalan maju dan mundur dengan iringan musik.
Penelitian bertujuan untuk : 1) untuk mendeskripsikan gerak dasar tari
anak usia dini siswa kelompok B1 Tk Aulia Pontianak sebelum melakukan tari
kreasi anak. 2) Untuk mendeskripsikan Kemampuan gerak dasar tari anak usia
dini 5-6 tahun di Tk Aulia Pontianak setelah melakukan Tari Kreasi Anak. 3)
Untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan gerak dasar tari anak usia dini 5-6
tahun di Tk Aulia melaui Tari kreasi anak kelompok B1 TK AULIA Pontianak
2020/2021.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang terdiri empat komponen. Sebagai berikut: tahap perencanaan (Planning),
tahap pelaksanaan (Implementation), tahap pengamatan (Observation), dan tahap
refleksi (Reflection). Pelaksanaan pengumpulan data yaitu dengan beberapa
instrumen penelitian yang berupa observasi, dokumentasi, wawancara dan catatan
lapangan. Kemudian data analisis dengan cara kuantitatif dan kualitatif dengan
menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1) Kemampuan gerak dasar
tari sebelum menggunakan tari anak kreasi pada Anak Usia Dini 5-6 tahun di TK
Aulia Pontianak, berada kategori kurang. karena hanya berada pada kisaran
presentase sebesar 18,2% kategori penilaian Belum Berkembang ( BB), Hal ini
dilihat dari pra-tindakan yang peneliti lakukan terhadap kemampuan gerak dasar
tari, sebelum menggunakan tari anak kreasi. 2) Kemampuan gerak dasar tari anak
sesudah menggunakan tari kreasi di TK Aulia Pontianak mengalami peningkatan.
Pada Pra-Tindakan 18,2% dengan kategori penilaian Belum Berkembang ( BB )
meningkat menjadi 20,23% pada siklus 1 dengan kategori Mulai Berkembang
(MB) dan meningkat menjadi 72,07% pada siklus II dengan kategori berkembang
sangat baik. 3) Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap kemampuan gerak
dasar tari melalui tari anak kreasi, menggunakan metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua kali tindakan penelitian, ternyata
terdapat peningkatan terhadap Kemampuan Gerak Dasar Tari Melalui Tari Anak
Kreasi Pada Anak Usia Dini 5-6 tahun di TK Aulia Pontianak. |
en_US |