MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR TARI MELALUI TARI KREASI ANAK PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK AULIA PONTIANAK BARAT TAHUN AJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur
dc.contributor.advisor Zuraya, Helva
dc.contributor.author ANDINA AMALINA, SYARIFAH
dc.date.accessioned 2022-06-23T03:53:38Z
dc.date.available 2022-06-23T03:53:38Z
dc.date.issued 2021-12-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/796
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kemampuan Gerak Dasar Tari pada anak dini siswa kelompok B1 Tk Aulia Pontianak Barat. Adapun indikator dari Kemampuan Gerak Dasar Tari pada anak antara lain: anak belum dapat melakukan gerakan dasar tari tangan dan kaki, gerakan dasar tari kepala dan mengayunkan badan, menirukan gerakan tari kreasi dengan iringan musik, menirukan gerakan berjalan maju dan mundur dengan iringan musik. Penelitian bertujuan untuk : 1) untuk mendeskripsikan gerak dasar tari anak usia dini siswa kelompok B1 Tk Aulia Pontianak sebelum melakukan tari kreasi anak. 2) Untuk mendeskripsikan Kemampuan gerak dasar tari anak usia dini 5-6 tahun di Tk Aulia Pontianak setelah melakukan Tari Kreasi Anak. 3) Untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan gerak dasar tari anak usia dini 5-6 tahun di Tk Aulia melaui Tari kreasi anak kelompok B1 TK AULIA Pontianak 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri empat komponen. Sebagai berikut: tahap perencanaan (Planning), tahap pelaksanaan (Implementation), tahap pengamatan (Observation), dan tahap refleksi (Reflection). Pelaksanaan pengumpulan data yaitu dengan beberapa instrumen penelitian yang berupa observasi, dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan. Kemudian data analisis dengan cara kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1) Kemampuan gerak dasar tari sebelum menggunakan tari anak kreasi pada Anak Usia Dini 5-6 tahun di TK Aulia Pontianak, berada kategori kurang. karena hanya berada pada kisaran presentase sebesar 18,2% kategori penilaian Belum Berkembang ( BB), Hal ini dilihat dari pra-tindakan yang peneliti lakukan terhadap kemampuan gerak dasar tari, sebelum menggunakan tari anak kreasi. 2) Kemampuan gerak dasar tari anak sesudah menggunakan tari kreasi di TK Aulia Pontianak mengalami peningkatan. Pada Pra-Tindakan 18,2% dengan kategori penilaian Belum Berkembang ( BB ) meningkat menjadi 20,23% pada siklus 1 dengan kategori Mulai Berkembang (MB) dan meningkat menjadi 72,07% pada siklus II dengan kategori berkembang sangat baik. 3) Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap kemampuan gerak dasar tari melalui tari anak kreasi, menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua kali tindakan penelitian, ternyata terdapat peningkatan terhadap Kemampuan Gerak Dasar Tari Melalui Tari Anak Kreasi Pada Anak Usia Dini 5-6 tahun di TK Aulia Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kemampuan Gerak Dasar Tari, Tari Kreasi Anak en_US
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR TARI MELALUI TARI KREASI ANAK PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK AULIA PONTIANAK BARAT TAHUN AJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account