dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pendekatan BCCT di sentra bahan
alam di TK Islam Mujahidin 1 Pontinak sangat membantu dalam pengembangan
berbagai aspek anak usia dini.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang
pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan BCCT di TK Islam
Mujahidin 1 Pontianak. Sementara secara khusus adalah untuk mengetahui
tentang: 1) kegiatan dalam pijakan lingkungan main di sentra bahan alam
kelompok A di TK Islam Mujahidin 1 Pontianak, 2) kegiatan dalam pijakan
sebelum main di sentra bahan alam kelompok A di TK Islam Mujahidin 1
Pontianak, 3) kegiatan dalam pijakan saat main di sentra bahan alam kelompok A
di TK Islam Mujahidin 1 Pontianak, 4) kegiatan dalam pijakan setelah main di
sentra bahan alam kelompok A di TK Islam Mujahidin 1 Pontianak.
Untuk memperoleh gambaran data peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan
pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi. Pemeriksa keabsahan data subyek
peneliti yakni triangulasi dan member check.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; 1) Pembelajaran BCCT pada
Pijakan Lingkungan Main yang guru lakukan adalah: Membuat RPPH (rencana
pelaksanaan pembelajaran harian), menyiapkan media, menata ruang bermain
anak, menyiapkan laporan perkembangan anak. 2) Pembelajaran BCCT pada
Pijakan Sebelum Main, Saat anak sudah berada dalam kelas sentra, guru
menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran, mengenalkan alat permainan,
membuat kelompok dan membuat kesepakatan aturan saat anak bermain. 3)
Pembelajaran BCCT pada Pijakan Saat Main, adalah anak bermain pada
kelompoknya sesuai Sub-Tema, guru berkeliling diantara anak-anak yang sedang
bermain, guru melihat dan mencatat aktivitas anak, guru juga menstimulus anak
dengan bertanya dan lain sebagainya. 4) Pembelajaran BCCT pada Pijakan
Setelah Main yakni anak-anak membereskan mainannya, guru melakukan
recalling, guru menyiapkan anak-anak untuk berbaris dan masuk kembali ke kelas
mereka. |
en_US |