PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (BCCT) DI SENTRA BAHAN ALAM KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM MUJAHIDIN 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Rahnang
dc.contributor.author RAHAYU, SARI
dc.date.accessioned 2022-06-23T03:32:11Z
dc.date.available 2022-06-23T03:32:11Z
dc.date.issued 2018-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/795
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pendekatan BCCT di sentra bahan alam di TK Islam Mujahidin 1 Pontinak sangat membantu dalam pengembangan berbagai aspek anak usia dini. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan BCCT di TK Islam Mujahidin 1 Pontianak. Sementara secara khusus adalah untuk mengetahui tentang: 1) kegiatan dalam pijakan lingkungan main di sentra bahan alam kelompok A di TK Islam Mujahidin 1 Pontianak, 2) kegiatan dalam pijakan sebelum main di sentra bahan alam kelompok A di TK Islam Mujahidin 1 Pontianak, 3) kegiatan dalam pijakan saat main di sentra bahan alam kelompok A di TK Islam Mujahidin 1 Pontianak, 4) kegiatan dalam pijakan setelah main di sentra bahan alam kelompok A di TK Islam Mujahidin 1 Pontianak. Untuk memperoleh gambaran data peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi. Pemeriksa keabsahan data subyek peneliti yakni triangulasi dan member check. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; 1) Pembelajaran BCCT pada Pijakan Lingkungan Main yang guru lakukan adalah: Membuat RPPH (rencana pelaksanaan pembelajaran harian), menyiapkan media, menata ruang bermain anak, menyiapkan laporan perkembangan anak. 2) Pembelajaran BCCT pada Pijakan Sebelum Main, Saat anak sudah berada dalam kelas sentra, guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran, mengenalkan alat permainan, membuat kelompok dan membuat kesepakatan aturan saat anak bermain. 3) Pembelajaran BCCT pada Pijakan Saat Main, adalah anak bermain pada kelompoknya sesuai Sub-Tema, guru berkeliling diantara anak-anak yang sedang bermain, guru melihat dan mencatat aktivitas anak, guru juga menstimulus anak dengan bertanya dan lain sebagainya. 4) Pembelajaran BCCT pada Pijakan Setelah Main yakni anak-anak membereskan mainannya, guru melakukan recalling, guru menyiapkan anak-anak untuk berbaris dan masuk kembali ke kelas mereka. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pendekatan BCCT, Sentra Bahan Alam. en_US
dc.title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (BCCT) DI SENTRA BAHAN ALAM KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM MUJAHIDIN 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account