| dc.description.abstract |
NANDA SRI RAHAYU, Pengintegrasian Layanan Bimbingan Konseling
pada Anak Usia Dini oleh Guru di TK IT Al-Mumtaz Pontianak. Program
Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,
2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya pemahaman dan praktik
bimbingan konseling yang terintegrasi pada pendidikan anak usia dini,
khususnya di Taman Kanak-kanak. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan tentang bagaimana. 1) Guru mengintegrasikan layanan dasar
bimbingan konseling di TK IT Al-Mumtaz Pontianak. 2) Guru mengintegrasikan
layanan responsif bimbingan konseling di TK IT Al-Mumtaz Pontianak. 3) Guru
mengintegrasikan layanan peminatan dan perencanaan individual bimbingan
konseling di TK IT Al-Mumtaz Pontianak. 4) Guru mengintegrasikan layanan
dukungan sistem bimbingan konseling di TK IT Al-Mumtaz Pontianak.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi dengan alat pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan
lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif untuk
memperoleh gambaran mendalam mengenai praktik bimbingan konseling di
sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan, di TK IT Al-Mumtaz Pontianak guru telah
mengintegrasikan layanan bimbingan konseling. 1) Layanan dasar dilakukan
melalui pembiasaan nilai moral, pembentukan empati, komunikasi terbuka serta
penanaman tanggung jawab. 2) Layanan responsif dilaksanakan dengan
memberikan pendampingan terhadap permasalahan emosional, perilaku, dan
hambatan belajar anak secara tepat. 3) Layanan peminatan dan perencanaan
individual dilakukan dengan menggali minat bakat anak, memberikan kebebasan
dalam memilih aktivitas, menjalin kerja sama dengan orang tua serta penyediaan
kegiatan ekstrakurikuler. 4) Layanan dukungan sistem tampak dari kerja sama
sekolah dengan orang tua, kolaborasi dengan para ahli, pemanfaatan lingkungan
sekolah, serta pemberian pelatihan dan pengarahan bagi orang tua. |
en_US |