PENGARUH PEMBIMBINGAN PRAKTIK SHOLAT OLEH GURU PAI TERHADAP PENGUASAAN BACAAN SHOLAT PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Havizul, Havizul
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.author
dc.contributor.author ALMA, WIKA FARADILA
dc.date.accessioned 2025-11-25T02:22:57Z
dc.date.available 2025-11-25T02:22:57Z
dc.date.issued 2025-10-09
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7891
dc.description.abstract WIKA FARADILA ALMA (12001300): “Pengaruh Pembimbingan Praktik Sholat oleh Guru PAI Terhadap Penguasaan Bacaan Sholat Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak”. Skripsi. Pontianak: Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultar Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak tahun 2025. Masalah utama yang menjadi fokus penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh pembimbingan guru PAI terhadap penguasaan bacaan sholat peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak?”. Masalah utama ini dijabarkan dalam 3 (tiga) pertanyaan penelitian, yaitu: 1) Untuk mengetahui bentuk pelaksanaan pembimbingan praktik sholat yang dilakukan oleh guru PAI kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak 2) Untuk mengetahui tingkat kemampuan penguasaan bacaan sholat peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak 3) pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan pembimbingan praktik sholat oleh guru PAI terhadap penguasaan bacaan sholat peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif studi hubungan korelasional). Adapun jenis hubungan yang diteliti adalah hubungan searah atau studi pengaruh. Terdapat dua variabel yaitu variabel bebas (X) untuk pembimbingan praktek sholat oleh guru PAI dan variabel terikat (Y) untuk penguasaan bacaan sholat peserta didik. Populasi penelitian berjumlah 224 peserta didik (Islam dan non-muslim), teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, sehingga didapat sampel penelitian berjumlah 52 peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada 27 Desember 2024 hingga sidang skripsi. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 2 Pontianak. Teknik pengumpulan data adalah sebagai berikut: 1) Komunikasi tidak langsung berupa angket 2) Tes, menggunakan PG dan tes penguasaan bacaan sholat 3) Studi dokumentasi dengan alat berupa Smarphone. Analisis data yang digunakan adalah 1) Analisis instrumen 2) Statistik Dskriptif dan 3) Statistik Inferensial. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa 1) Pembimbingan oleh guru PAI mendapatkan nilai persenan rata-rata 93,41% ditingkat kategori sangat baik 2) Penguasaan bacaan sholat peserta didik kelas VII mendapatkan nilai rata-rata 89,36% dikategorikan sangat baik 3) Dari hasil output SPSS 22 diketahui nilai t hitung variabel bebas (X) adalah sebesar 16,456 sedangkan t-tabel 2,010. Karena nilai t-hitung 16,456 > t-tabel 2,010, maka terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan antara pembimbingan praktik sholat oleh guru PAI terhadap penguasaan bacaan sholat perserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembimbingan en_US
dc.subject Penguasaan en_US
dc.title PENGARUH PEMBIMBINGAN PRAKTIK SHOLAT OLEH GURU PAI TERHADAP PENGUASAAN BACAAN SHOLAT PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account