| dc.description.abstract |
WIKA FARADILA ALMA (12001300): “Pengaruh Pembimbingan
Praktik Sholat oleh Guru PAI Terhadap Penguasaan Bacaan Sholat Peserta Didik
Kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak”. Skripsi. Pontianak: Program Studi
Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultar Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak tahun 2025.
Masalah utama yang menjadi fokus penelitian ini adalah “Bagaimana
pengaruh pembimbingan guru PAI terhadap penguasaan bacaan sholat peserta didik
kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak?”. Masalah utama ini dijabarkan dalam 3
(tiga) pertanyaan penelitian, yaitu: 1) Untuk mengetahui bentuk pelaksanaan
pembimbingan praktik sholat yang dilakukan oleh guru PAI kelas VII di SMP
Negeri 2 Pontianak 2) Untuk mengetahui tingkat kemampuan penguasaan bacaan
sholat peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak 3) pengaruh yang
signifikan antara pelaksanaan pembimbingan praktik sholat oleh guru PAI terhadap
penguasaan bacaan sholat peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak.
Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif studi hubungan
korelasional). Adapun jenis hubungan yang diteliti adalah hubungan searah atau
studi pengaruh. Terdapat dua variabel yaitu variabel bebas (X) untuk
pembimbingan praktek sholat oleh guru PAI dan variabel terikat (Y) untuk
penguasaan bacaan sholat peserta didik. Populasi penelitian berjumlah 224 peserta
didik (Islam dan non-muslim), teknik pengambilan sampel menggunakan random
sampling, sehingga didapat sampel penelitian berjumlah 52 peserta didik. Penelitian
dilaksanakan pada 27 Desember 2024 hingga sidang skripsi. Lokasi penelitian
adalah SMP Negeri 2 Pontianak. Teknik pengumpulan data adalah sebagai berikut:
1) Komunikasi tidak langsung berupa angket 2) Tes, menggunakan PG dan tes
penguasaan bacaan sholat 3) Studi dokumentasi dengan alat berupa Smarphone.
Analisis data yang digunakan adalah 1) Analisis instrumen 2) Statistik Dskriptif dan
3) Statistik Inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa 1) Pembimbingan oleh guru
PAI mendapatkan nilai persenan rata-rata 93,41% ditingkat kategori sangat baik 2)
Penguasaan bacaan sholat peserta didik kelas VII mendapatkan nilai rata-rata
89,36% dikategorikan sangat baik 3) Dari hasil output SPSS 22 diketahui nilai t
hitung variabel bebas (X) adalah sebesar 16,456 sedangkan t-tabel 2,010. Karena
nilai t-hitung 16,456 > t-tabel 2,010, maka terdapat pengaruh variabel X terhadap
variabel Y, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh
signifikan antara pembimbingan praktik sholat oleh guru PAI terhadap penguasaan
bacaan sholat perserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. |
en_US |