PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-KARIMA KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.author Nadila, Nadila
dc.date.accessioned 2025-11-19T02:46:38Z
dc.date.available 2025-11-19T02:46:38Z
dc.date.issued 2025-10-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7880
dc.description.abstract NADILA, Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Aktivitas Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman kanak-kanak islam terpadu al-karima tahun ajaran 2024/2025: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024. ​Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk Mengetahui Aktivitas Belajar Anak Sebelum Menggunakan Media Kartu Bergambar, 2) Untuk Mengetahui Aktivitas belajar Anak Sesudah Menggunakan Media Kartu Bergambar, 3) Untuk Mengetahui Pengaruh Aktivitas Setelah Menggunakan Media Kartu Bergambar. ​Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain control group kontrol dan eksperimen, populasi penelitian ini seluruh siswa kelompok B1 dan B2 di Taman kanak-kanak islam terpadu AL-Karima kubu raya tahun ajaran 2024/2025 usia 5-6 tahun yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan samplinh B1 yang berjumlah 16 siswa untuk kelas kontrol dan kelompok B2 berjumlah 16 siswa untuk kelas eksperimen. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan lembar observasi, dan dokumen-dokumen pendukung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Aktivitas Belajar Anak Sebelum Menggunakan media kartu bergambar di kelas kontrol anak-anak dalam proses pembelajaran tidak menggunakan media kartu bergambar sehingga dalam proses pembelajaran aktivitas belajarnya hanya 68.42%. 2) Aktivitas Belajar Sesudah Menggunakan Media Kartu Bergambar di kelas eksperimen menggunakan media kartu bergambar dalam proses aktivitas belajar shingga proses pembelajaran terasa lebih menyenangkan dan mengalami peningkatan 100% aktivitas belajarnya. 3) Pengaruh Aktivitas Belajar Setelah Menggunakan Media Kartu Bergambar terdapat signifikan yaitu sebesar 100% dimana anak-anak antusias aktif dalam proses pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Kartu Bergambar en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Aud en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-KARIMA KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account