PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN MATHLA`UL ANWAR KOTA PONTIANAK DAN PERANNYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Show simple item record

dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author SABRANI, MUHAMMAD IQBAL
dc.date.accessioned 2025-11-18T02:09:30Z
dc.date.available 2025-11-18T02:09:30Z
dc.date.issued 2025-10-03
dc.identifier.citation APA style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7877
dc.description.abstract Muhammad Iqbal Sabrani, Perkembangan Pondok Pesantren Mathla`ul Anwar Kota Pontianak dan Peranya Dalam Pendidikan Islam. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Pontianak Tahun 2025 M/1446 H. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tau peneliti terkait Perkembangan Pondok Pesantren Mathla`ul Anwar Kota Pontianak dan Perannya Dalam Pendidikan Islam. Bedasarkan hasil Observasi yang peneliti lakukan dipondok pesantren Mathla`ul Anwar Kota Pontianak peneliti menemukan beberapa faktor yang melatar belakangi berkembangnya pondok Pesantren Mathla`ul Anwar ini yakni, karena pada saat itu tahun 1996 dipontianak khususnya masih sedikit pondok pesantren, dan pada saat itu pula ada seorang Da`i asal Banten yang berdakwa sekaligus menyebarkan agama dan pendidikan dipontianak, dan pada masa itu pula para masyarakat setempat mendambakan akan adanya pondok pesantren, maka dari itu KH. A Djuhaidi Abdullah selaku Da`i dari Banten bekerja sama dengan salah seorang tokoh masyarakat yakni Bapak Yakop Abdullah dan tokoh masyarakat itu pula memberikan sebagian tanah atau mewakafkan untuk dibangunnya Pondok Pesantren di tanah tersebut, dari alasan tersebut akhirnya didirikanlah Pondok Pesantren Mathla`ul Anwar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perkembangan Pondok Pesantren Mathla`ul Anwar dan 2) Peran Pondok Pesantren Mathla`ul Anwar dalam Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi sejarah. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan ada 3 yakni; Observasi, Wawancara, Dokumen. Teknik analisi data yang peneliti gunakan antara lain; Kondensasi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan/ Verifikasi. Dan sedangkan Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Peneliti menggunakan yakni; Triangulasi Metode, dan Membercheck. Dari semua rangkaian yang peneliti telah lakukan akhirnya peneliti dapat menyimpulkan antara lain; 1). Pondok Pesantren Mathla`ul Anwar Kota Pontianak ini didirikan pada tahun 1996 namun mulai beroperasi secara keseluruhan pada tahun 1997, Pondok Pesantren Mathla`ul Anwar ini didalam nya terdapat berbagai pendidikan diantaranya TK Islam, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Diniyah/pelajaran Pondok pesantren. 2). Pondok Pesantren Mathla`ul Anwar ini berperan penting dalam pendidikan terlebih khusus agama islam itu sendiri. Berikut 4 perannya antara lain: sebagai lembaga pendidikan agama, tempat pembinaan akhlaq dan moral, pusat pengembangan Masyarakat, sebagai simpul budaya islam. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Perkembangan en_US
dc.subject Peran en_US
dc.subject Pondok Pesantren en_US
dc.title PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN MATHLA`UL ANWAR KOTA PONTIANAK DAN PERANNYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account