Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Memilih Instrumen Investasi Pada Generasi Z Kota Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ruslan, Ismail
dc.contributor.advisor Prihantono, Prihantono
dc.contributor.advisor Hasan, Muhammad
dc.contributor.advisor Sumin, Sumin
dc.contributor.author MARDOTILLAH, WAHIDDANI
dc.date.accessioned 2025-11-10T01:48:12Z
dc.date.available 2025-11-10T01:48:12Z
dc.date.issued 2025-11-10
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7866
dc.description.abstract WAHIDDANI MARDOTILLAH, dengan NIM 2214200090, Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Memilih Instrumen Investasi Pada Generasi Z Kota Pontianak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya minat Generasi Z terhadap investasi, terutama melalui instrumen modern seperti saham dan cryptocurrency. Peran media sosial sebagai sumber informasi utama menjadi faktor krusial dalam proses pengambilan keputusan investasi. Namun, belum jelas sejauh mana media sosial memengaruhi pemilihan instrumen investasi oleh Generasi 7, khususnya di Kota Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami persepsi Generasi Z mengenai aspek halal dan haram dalam berinvestasi, dan juga bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam memengaruhi Generasi Z ketika memilih instrumen investasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pemahaman Generasi Z terhadap investasi berbasis prinsip syariah masih terbatas, di mana mayoritas cenderung lebih berfokus pada aspek keuntungan finansial semata. Kurangnya kesadaran akan pentingnya kesesuaian syariah dalam berinvestasi. Media sosial tidak sepenuhnya mendominasi keputusan investasi Generasi Z, tetapi tetap menjadi salah satu referensi utama mereka. Mereka sering memanfaatkan platform YouTube untuk melihat tren, tips, dan pengalaman investor lain. Diskusi dengan teman atau komunitas juga berpengaruh, meski analisis yang dilakukan masih bersifat dasar. Generasi Z cenderung menggabungkan informasi dari media sosial dengan masukan orang terdekat sebelum mengambil keputusan investasi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.subject Generasi Z en_US
dc.subject Investasi en_US
dc.subject Instrumen en_US
dc.subject Keuangan en_US
dc.title Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Memilih Instrumen Investasi Pada Generasi Z Kota Pontianak en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account