| dc.description.abstract |
RIZKY CAHYONO. 12001253. Bodo Kupat Sebagai Sumber Belajar
Pendidikan Islam Di Dusun Kelang Jaya Desa Kubu Kabupaten Kubu Raya.
Skripsi. Pontianak: Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak. 2025
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aspek-aspek penting dalam tradisi
Bodo Kupat sebagai sumber belajar pendidikan Islam yang peneliti ambil dari
fenomena di Dusun Kelang Jaya. Dari penelitian ini tujuan peneliti untuk
mendeskripsikan 1. Proses pelaksanaan tradisi bodo kupat. 2. Aspek yang
dapat diambil sebagai sumber belajar pendidikan Islam Yang tidak
bertentangan dengan syariat Islam. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif.
Sumber data dalam penelitian ini adalah tokoh agama, tokoh
masyarakat dan masyarakat yang melaksanakan tradisi Bodo Kupat. Data
dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumen. Dengan
proses kerjanya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data
disajikan secara sistematis melalui analisi teori interaktif yang dipaparkan
secara faktual dan aktual.
Bodo Kupat dilaksanakan pada hari ke-8 hari raya idul fitri setelah
melaksanakan puasa 6 hari dibulan Arafah. Peneliti menguraikannya, dalam
dua poin yakni 1. Proses pelaksanaan terdapat 3 tahapan, yakni persiapan, doa
bersama dan makan bersama. Dalam persiapan, sebelum hari-H pelaksanaan
Bodo Kupat, masyarakat dusun Kelang Jaya membuat ketupat masing-masing
di kediaman mereka, untuk dibawa saat acara selametan. Keesokan hari pada
pelaksanaannya sekitar pukul 06.00 WIB, masyarakat mulai berdatangan.
kemudian yang sudah hadir mulai menyusun makanan mereka dan disatukan
dengan makanan yang lainnya, salah satu dari mereka membawa kotak amal
masjid untuk meminta sumbangan seikhlasnya kepada masyarakat yang
menghadiri. Setelah itu barulah kegiatan inti dimulai, yakni selamatan atau
doa bersama yang dipimpin oleh pemuka agama setempat sekitar pukul 07.00
WIB. Terakhir kegiatannya adalah makan bersama dengan makanan yang
sudah mereka bawa dan saling berbagi makanan. 2. Aspek yang akan
dijadikan sebagai sumber belajar pendidikan Islam adalah akidah (berdoa dan
bersyukur), ibadah (berbuat baik seperti bersedekah, berbagi makanan,
silahturahmi dan tolong menolong) dan akhlak (menghargai orang tua dengan
membantu membuat ketupat dan sopan santun). |
en_US |