| dc.description.abstract |
Willy Murzaqi (12006043), Pengaruh Layanan informasi keagamaan dengan menggunakan teknik self management Dalam Mencegah Intensitas Game Online Pada Siswa SMP Negeri 02 Segedong Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat. Program Studi Bimbingan dan Konsling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui intensitas bermain game online pada siswa SMP Negeri 02 Segedong, sebelum diberikan layanan informasi keagamaan dengan menggunakan teknik self management dalam menurunkan intensitas bermain game online, (2) Untuk mengetahui intensitas bermain game online pada siswa SMP Negeri 02 Segedong, sesudah diberikan layanan informasi keagamaan dengan menggunakan teknik self management dalam menurunkan intensitas bermain game online, (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari teknik self management dengan diberikan layanan informasi keagamaan dalam menurunkan intensitas bermain game online pada siswa SMP Negeri 02 Segedong
Peneliti menggunakan metode quasi eksperiment dengan jenis One-group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian yaitu siswa kelas VII C dan VIII B di SMP Negeri 02 Segedong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket skala pemberian layanan informasi dengan menggunakan teknik self management, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis data kuantitatif berupa uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homoginitas varians, dan uji hipotesis
Hasil dari penelitian ini: 1) intensitas bermain game online pada siswa SMP Negeri 02 Segedong, sebelum diberikan layanan informasi keagamaan dengan menggunakan teknik self management dalam menurunkan intensitas bermain game online, hasil angket menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas VII C dan VIII B SMP Negeri 02 Segedong memiliki intensitas bermain game online yang tinggi. Seluruh siswa kelas VII C dan hampir semua siswa kelas VIII B aktif bermain game online, hanya beberapa siswi yang tidak bermain sama sekali; 2) intensitas bermain game online pada siswa SMP Negeri 02 Segedong, sesudah diberikan layanan informasi keagamaan dengan menggunakan teknik self management dalam menurunkan intensitas bermain game online, terjadi penurunan intensitas bermain game online pada siswa kelas VII C dan VIII B SMP Negeri 02 Segedong. Sebagian besar siswa berada pada kategori rendah, menunjukkan bahwa layanan tersebut berhasil membantu siswa mengontrol intensitas bermain game online dan membawa perubahan perilaku yang lebih positif; 3) terdapat pengaruh dari teknik self management dengan diberikan layanan informasi keagamaan dalam menurunkan intensitas bermain game online pada siswa SMP Negeri 02 Segedong, Hasil analisis menunjukkan selisih rata-rata antara nilai pretest dan posttest sebesar –0,333 dengan simpangan baku 10,896. Nilai t sebesar –0,176 dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,862, yang lebih tinggi dari 0,05, menandakan adanya pengaruh perlakuan terhadap perubahan nilai peserta. |
en_US |