| dc.description.abstract |
Nadia Ulfah (12116107). Analisis Tren Penjualan Berdasarkan Data
Historis Untuk Menentukan Proyeksi Penjualan Produk Masa Depan Pada
UMKM Halal Mart Cabang Kota Baru Perintis Komplek Asri 2 Pontianak:
Akuntansi syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Analisis trend mengidentifikasi pola perubahan data penjualan dari waktu
ke waktu. Untuk memahami kinerja bisnis dan membuat Keputusan strategis,
seperti mengoptimalkan strategi pemasaran, manajemen inventaris, dan
peramalan penjualan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara Halal Mart
mempersiapkan atau memproyeksi penjualan produk paling di minati.
Penelitian ini menggunakan metode Jenis penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Data yang dianalisis berupa laporan penjualan bulanan
Halal Mart periode Januari–Desember 2024 dengan total penjualan sebesar
Rp2.141.788.250. Teknik analisis data menggunakan metode tren linier berbasis
runtun waktu (time series) dengan bantuan Microsoft Excel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjualan Halal Mart mengalami
fluktuasi dengan tren meningkat pada akhir tahun. Penjualan terendah terjadi
pada bulan Maret 2024 sebesar Rp121.279.000, sedangkan tertinggi pada bulan
Desember 2024 sebesar Rp310.640.500. Berdasarkan hasil proyeksi
menggunakan analisis tren linier, penjualan pada periode Januari–Juni 2025
diperkirakan meningkat dari Rp249.676.000 pada bulan Januari hingga
Rp302.396.000 pada bulan Juni.
Dengan memanfaatkan analisis tren historis, Halal Mart dapat melakukan
manajemen stok yang lebih akurat, merencanakan strategi promosi pada periode
penjualan tinggi, serta meningkatkan koordinasi dengan pemasok. |
en_US |