BIMBINGAN KONSELING KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA RAUDHATUL ULUM II PUGUK KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fauziah, Fauziah
dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Saputra, Randi
dc.contributor.advisor Barriyati, Barriyati
dc.contributor.author HERMANSYAH, HERMANSYAH
dc.date.accessioned 2025-10-09T08:19:27Z
dc.date.available 2025-10-09T08:19:27Z
dc.date.issued 2025-07-24
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7797
dc.description.abstract HERMANSYAH: 11832022. Bimbingan Konseling Klasikal Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Raudhatul Ulum II Puguk Kubu Raya. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Adab Dan Komunikasi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025. Pendidikan merupakan proses penting dalam membentuk generasi berkualitas secara akademik, karakter, dan keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bimbingan konseling klasikal dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Raudhatul Ulum II Puguk Kubu Raya. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah penelitian meliputi: Bagaimana pelaksanaan bimbingan konseling dalam memberikan layanan klasikal untuk meningkatkan hasil belajar siswa, Bagaimana strategi layanan bimbingan konseling yang digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa, Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan bimbingan konseling klasikal guna meningkatkan hasil belajar siswa. MetodenPenelitian ini mempunyai latar belakang dalam penelitia di sekolah Sma Raudhatul Ulum II puguk, yang mana dalam penelitia menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan konseling klasikal efektif meningkatkan hasil belajar siswa dari aspek akademik dan karakter. Layanan ini menggunakan metode aktif, seperti diskusi dan pemecahan masalah, dan peran guru BK sebagai fasilitator, motivator, dan konselor sangat berpengaruh. Strategi yang diterapkan meliputi penyuluhan, motivasi, pendekatan personal, kolaborasi sekolah, dan penanaman nilai Islami. Kendala seperti minim dukungan orang tua, rendah motivasi, dan keterbatasan fasilitas diatasi melalui inovasi, pemanfaatan media digital, dan kerja sama antar elemen sekolah. Keberhasilan layanan tidak hanya diukur dari peningkatan nilai, tetapi juga dari terbentuknya karakter dan kesiapan mental siswa menghadapi tantangan akademik secara berkelanjutan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Bimbingan Konseling Klasikal en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Motivasi Siswa en_US
dc.subject Strategi BK en_US
dc.title BIMBINGAN KONSELING KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA RAUDHATUL ULUM II PUGUK KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account