STRATEGI LAYANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMK NEGERI 5 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Barriyati, Barriyati
dc.contributor.advisor Fauziah, Fauziah
dc.contributor.advisor Adiansyah, Adiansyah
dc.contributor.author Walianti, Syf. Sri
dc.date.accessioned 2025-10-09T04:11:22Z
dc.date.available 2025-10-09T04:11:22Z
dc.date.issued 2025-09-29
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7791
dc.description.abstract Syf. Sri Walianti (NIM. 11832043), Strategi Layanan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Siswa di SMK Negeri 5 Pontianak: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) bentuk layanan BK yang diterapkan dalam upaya pembentukan pendidikan karakter siswa di SMK Negeri 5 Pontianak; 2) strategi yang digunakan oleh guru BK dalam pembentukan pendidikan karakter siswa di SMK Negeri 5 Pontianak; 3) faktor pendukung dan penghambat strategi layanan BK dalam pembentukan pendidikan karakter siswa di SMK Negeri 5 Pontianak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, serta analisis menggunakan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru BK, yang dipilih secara purposive berdasarkan keterlibatan langsung dalam program pembentukan pendidikan karakter.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bentuk layanan BK yang diterapkan di SMK Negeri 5 Pontianak meliputi layanan individu dan kelompok dengan pendekatan preventif, kuratif, dan pengembangan, serta penyisipan nilai-nilai karakter dalam kegiatan klasikal dan orientasi siswa; 2) strategi yang digunakan oleh guru BK dalam mengembangkan nilai-nilai karakter siswa mencakup pembiasaan nilai, keteladanan, kegiatan rutin tematik, simulasi dunia kerja, dan pendekatan restoratif bagi siswa dengan masalah perilaku khusus; 3) faktor pendukung keberhasilan strategi BK mencakup dukungan kepala sekolah, kolaborasi guru dan orang tua, serta budaya sekolah yang inklusif; sedangkan faktor penghambatnya meliputi ketimpangan nilai dari lingkungan keluarga serta keterbatasan waktu dan tenaga profesional BK. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Layanan BK, en_US
dc.subject Karakter Siswa en_US
dc.subject Strategi Pembentukan en_US
dc.subject SMK en_US
dc.subject Konseling Islam en_US
dc.title STRATEGI LAYANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMK NEGERI 5 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account