| dc.description.abstract |
Fiqri al-Bukhori, ”Gaya Komunikasi Pemimpin Dalam Kinerja
Kepengurusan UKM Olahraga IAIN Pontianak”. Skripsi, Pontianak: Program Studi
Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Institut
Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Gaya komunikasi didefinisikan oleh Tubbs & Moss (Ruliana, 2014: Hal. 31
32) sebagai seperangkat perilaku antar pribadi yang terspesialisasi yang digunakan
dalam situasi tertentu. Masing-masing gaya komunikasi terdiri dari sekumpulan
perilaku komunikasi yang dipakai guna memperoleh respons atau tanggapan
tertentu dalam situasi yang tertentu pula. Kesesuaian dari satu gaya komunikasi
yang digunakan, bergantung pada maksud dari pengirim (sender) dan harapan dari
penerima (receiver). Menurut Kasmir (2017), ada beberapa faktor yang
mempengaruhi kinerja dari karyawan atau anggota dari perusahaan atau organisasi,
dua diantaranya yaitu faktor kepemimpinan dan gaya kepemimpinan. Steiner dalam
Mulyana (2003: Hal. 62) Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan,
emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata
kata, gambar, grafis, angka dan sebagainya.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apa gaya pemimpin dalam
UKM Olahraga, 2) untuk mengetahui bagaimana pemimpin dalam UKM Olahraga
dan 3) untuk mengetahui proses gaya komunikasi pemimpin di UKM Olahraga.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Pengambilan data penelitian didapat dengan melakukan wawancara dan
dokumentasi terhadap narasumber secara langsung, Adapun narasumber yang
dimaksud meliputi Ketua Umum sampai ke Kepala Devisi yang ada di UKM
Olaraga IAIN Pontianak.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, maka disimpulkan
bahwa: 1) pimpinan UKM Olahraga IAIN Pontianak menggunakan tiga gaya
komunikasi Equalitarian style, Structuring style dan Relinguishing style, 2)
pemimpin menggunakan komunikasi vertical dan horizontal sesuai dengan
kebutuhan, 3) hambatan yang terjadi yaitu hambatan personal yang melibatkan
peserta komunikasi. |
en_US |