| dc.description.abstract |
AHMAD ZUBAIR. Pengaruh Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMP
Negeri 17 Pontianak. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah
Dan Komunikasi Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, tahun 2025 M/1447
H.
Penelitian ini bertujuan pertama, mengetahui pengaruh bullying terhadap kepercayaan
diri siswa SMP Negeri 17 Pontianak. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar Tingkat
kepercayaan diri siswa SMP Negeri 17 Pontianak. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh
antara bullying terhadap kepercayaan diri siswa SMP Negeri 17 Pontianak. Penelitian
menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa SMP Negeri 17 Pontianak (717 siswa), dengan sampel 199 siswa kelas
8 yang dipilih menggunakan tabel Isaac and Michael melalui teknik random sampling.
Data dikumpulkan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan uji regresi linear sederhana linear sederhana untuk mengukur pengaruh
bullying terhadap kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat
bullying siswa SMP Negeri 17 Pontianak mengalami bullying tingkat sedang (49,7%),
diikuti tingkat rendah (39,7%), dan tingkat tinggi (10,6%). Tingkat Kepercayaan Diri
sebagian besar siswa memiliki kepercayaan diri sedang (49,2%), tinggi (45,2%), dan
rendah (5,5%). Pengaruh variabel analisis statistik membuktikan adanya pengaruh
negatif yang signifikan antara bullying terhadap kepercayaan diri (p = 0,037 < 0,05; β
= -0,148), menunjukkan hubungan negatif rendah hingga sedang.
Terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara bullying dan kepercayaan diri siswa.
Semakin tinggi tingkat bullying, semakin rendah kepercayaan diri siswa. Penelitian ini
merekomendasikan perlunya strategi intervensi holistik yang tidak hanya fokus pada
kasus-kasus tertentu saja, tetapi juga menangani bentuk mikroagresi dalam budaya
sekolah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. |
en_US |