PENGARUH BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP NEGERI 17 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurnanto, Muhammad Edi
dc.contributor.advisor Saputra, Randi
dc.contributor.advisor Fazny, Bella Yugi
dc.contributor.advisor Barriyati, Barriyati
dc.contributor.author Zubair, Ahmad
dc.date.accessioned 2025-10-06T03:02:55Z
dc.date.available 2025-10-06T03:02:55Z
dc.date.issued 2025-10-01
dc.identifier.citation APA (American Psychlogical Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7772
dc.description.abstract AHMAD ZUBAIR. Pengaruh Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 17 Pontianak. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, tahun 2025 M/1447 H. Penelitian ini bertujuan pertama, mengetahui pengaruh bullying terhadap kepercayaan diri siswa SMP Negeri 17 Pontianak. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar Tingkat kepercayaan diri siswa SMP Negeri 17 Pontianak. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh antara bullying terhadap kepercayaan diri siswa SMP Negeri 17 Pontianak. Penelitian menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 17 Pontianak (717 siswa), dengan sampel 199 siswa kelas 8 yang dipilih menggunakan tabel Isaac and Michael melalui teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana linear sederhana untuk mengukur pengaruh bullying terhadap kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat bullying siswa SMP Negeri 17 Pontianak mengalami bullying tingkat sedang (49,7%), diikuti tingkat rendah (39,7%), dan tingkat tinggi (10,6%). Tingkat Kepercayaan Diri sebagian besar siswa memiliki kepercayaan diri sedang (49,2%), tinggi (45,2%), dan rendah (5,5%). Pengaruh variabel analisis statistik membuktikan adanya pengaruh negatif yang signifikan antara bullying terhadap kepercayaan diri (p = 0,037 < 0,05; β = -0,148), menunjukkan hubungan negatif rendah hingga sedang. Terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara bullying dan kepercayaan diri siswa. Semakin tinggi tingkat bullying, semakin rendah kepercayaan diri siswa. Penelitian ini merekomendasikan perlunya strategi intervensi holistik yang tidak hanya fokus pada kasus-kasus tertentu saja, tetapi juga menangani bentuk mikroagresi dalam budaya sekolah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Bullying en_US
dc.subject Kepercayaan Diri en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title PENGARUH BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP NEGERI 17 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account