PEMANFAATAN APLIKASI SP4N-LAPOR! DALAM MENANGGAPI PENGADUAN DAN PERMINTAAN INFORMASI MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO) KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Juniawati, Juniawati
dc.contributor.advisor Gunawan, Muhammad Khalil
dc.contributor.advisor Gafallo, M. Fadhil Yarda
dc.contributor.advisor Handes, Handes
dc.contributor.author Putri, Hilma Adilla
dc.date.accessioned 2025-10-01T00:13:46Z
dc.date.available 2025-10-01T00:13:46Z
dc.date.issued 2025-07-30
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7743
dc.description.abstract Hilma Adilla Putri NIM 12105045.“Pemanfaatan Aplikasi SP4N-LAPOR! Dalam Menanggapi Pengaduan Dan Permintaan Informasi Masyarakat Di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak” Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Pontianak 2025. Aplikasi SP4N-LAPOR! adalah platform pengaduan daring pemerintah yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak untuk meningkatkan transparansi pelayanan publik. Meskipun penetrasi internet tinggi, keterlibatan masyarakat dalam aplikasi ini masih rendah karena banyak yang lebih memilih media sosial untuk pengaduan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan aplikasi SP4N-LAPOR! dalam menanggapi pengaduan dan permintaan informasi masyarakat di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat masyarakat dalam memanfaatkan aplikasi tersebut sebagai sarana pengaduan dan permintaan informasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari informan internal (pengelola aplikasi) dan eksternal (masyarakat pengguna), serta data sekunder berupa dokumen resmi dan laporan pengaduan. Analisis data dilakukan secara interaktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk menghasilkan gambaran yang komprehensif mengenai pemanfaatan aplikasi dan faktor pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pemanfaatan aplikasi SP4N- LAPOR! dalam menanggapi pengaduan dan permintaan informasi masyarakat di Diskominfo Kota Pontianak sudah berjalan sistematis dengan keterlibatan aktif masyarakat. Pemerintah mengenalkan aplikasi melalui media sosial dan sosialisasi langsung. Namun, masyarakat lebih memilih media sosial karena akses yang mudah dan respons cepat. 2) Faktor pendukung dan penghambat keterlibatan masyarakat dalam menggunakan aplikasi SP4N-LAPOR! sebagai sarana pengaduan dan permintaan informasi di Kota Pontianak, yaitu: Faktor pendukung penggunaan aplikasi meliputi kepercayaan pada kanal resmi pemerintah, fitur anonimitas, kerahasiaan data, dan fasilitas tracking ID. Sedangkan faktor penghambat meliputi kompleksitas aplikasi, aplikasi dianggap rumit, tampilan kurang intuitif, masalah teknis seperti error dan loading lama, serta sosialisasi yang terbatas. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan sosialisasi, perbaikan fitur aplikasi, dan penguatan integrasi sistem agar pemanfaatan SP4N-LAPOR! semakin optimal sebagai media komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject SP4N-LAPOR! en_US
dc.subject New Media. en_US
dc.subject Masyarakat Informasi en_US
dc.subject Teknologi Komunikasi en_US
dc.title PEMANFAATAN APLIKASI SP4N-LAPOR! DALAM MENANGGAPI PENGADUAN DAN PERMINTAAN INFORMASI MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO) KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account