| dc.description.abstract |
Atikah Sari, (Nim. 11832048). Bimbingan Kolaboratif Guru
BK dan PAI dalam Intensitas Bermain Game Online yang Berdampak pada
Prestasi Siswa di SMK Negeri 5 Pontianak. Program Studi Bimbingan dan
Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Institut
Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Faktor-faktor
penyebab intensitas bermain game online yang berdampak pada prestasi
siswa di SMK Negeri 5 Pontianak. (2) Hasil belajar siswa yang mengalami
intensitas bermain game online di SMK Negeri 5 Pontianak. (3) Langkah-
langkah bimbingan kolaboratif Guru BK dan PAI dalam mengurangi
intensitas bermain game online yang berdampak pada prestasi siswa di SMK
Negeri 5 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersama
dengan metode penelitian deskriptif. Partisipasi dalam penelitian ini terdiri
dari Guru BK,Guru PAI, Siswa, dan Orang Tua. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan
observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan Kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setelah dilakukan
bimbingan kolaboratif Guru BK dan PAI dalam mengurangi intensitas
bermain game online yang berdampak pada prestasi siswa yaitu sebagai
berikut (1). Faktor-faktor penyebab intensitas bermain game online yang
berdampak pada prestasi siswa karena siswa mengalami kejenuhan atau
kebosanan ketika berada dirumah dan di sekolah sehingga membuat siswa
bermain game online untuk menghilangkan rasa bosan dan stres yang siswa
alami. Kemudian pengaruh dari lingkungan pergaulan dan kurangnya
pengawasan dari orang tua terhadap siswa yang akhirnya menjadi penyebab
siswa bermain game online karena mengikuti temannya yang juga
mengalami intensitas bermain game online. (2) Hasil belajar siswa yang
mengalami intensitas bermain game online mengalami perubahan dan
penurunan karena siswa tidak fokus dalam belajar yang nilainya juga
menurun menjadi 70-80. (3) Langkah-langkah kolaboratif Guru BK dan PAI
dalam mengurangi intensitas bermain game online yang berdampak pada
prestasi siswa yaitu dengan cara mengajak siswa melakukan hal-hal positif
seperti les, mengikuti kegiatan olahraga, memberikan informasi kepada
siswa bagaimana cara mengatur waktu dengan baik, memberikan dampak
negatif yang terjadi apabila siswa secara terus-menerus bermain game
online, mengajak siswa untuk mengikuti kegiatan keagamaan, dalam
pelaksanaan bimbingan kolaboratif ini Guru BK dan PAI berperan aktif
dalam mengawasi siswa yang mengalami intensitas bermain game online
agar siswa tersebut dapat mengurangi waktunya untuk bermain game online. |
en_US |