BIMBINGAN KOLABORATIF GURU BK DAN PAI DALAM INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE YANG BERDAMPAK PADA PRESTASI SISWA DI SMK NEGERI 5 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fauziah, Fauziah
dc.contributor.advisor Barriyati, Barriyati
dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Saputra, Randi
dc.contributor.author Sari, Atikah
dc.date.accessioned 2025-09-30T06:45:10Z
dc.date.available 2025-09-30T06:45:10Z
dc.date.issued 2025-09-21
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7738
dc.description.abstract Atikah Sari, (Nim. 11832048). Bimbingan Kolaboratif Guru BK dan PAI dalam Intensitas Bermain Game Online yang Berdampak pada Prestasi Siswa di SMK Negeri 5 Pontianak. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Faktor-faktor penyebab intensitas bermain game online yang berdampak pada prestasi siswa di SMK Negeri 5 Pontianak. (2) Hasil belajar siswa yang mengalami intensitas bermain game online di SMK Negeri 5 Pontianak. (3) Langkah- langkah bimbingan kolaboratif Guru BK dan PAI dalam mengurangi intensitas bermain game online yang berdampak pada prestasi siswa di SMK Negeri 5 Pontianak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersama dengan metode penelitian deskriptif. Partisipasi dalam penelitian ini terdiri dari Guru BK,Guru PAI, Siswa, dan Orang Tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setelah dilakukan bimbingan kolaboratif Guru BK dan PAI dalam mengurangi intensitas bermain game online yang berdampak pada prestasi siswa yaitu sebagai berikut (1). Faktor-faktor penyebab intensitas bermain game online yang berdampak pada prestasi siswa karena siswa mengalami kejenuhan atau kebosanan ketika berada dirumah dan di sekolah sehingga membuat siswa bermain game online untuk menghilangkan rasa bosan dan stres yang siswa alami. Kemudian pengaruh dari lingkungan pergaulan dan kurangnya pengawasan dari orang tua terhadap siswa yang akhirnya menjadi penyebab siswa bermain game online karena mengikuti temannya yang juga mengalami intensitas bermain game online. (2) Hasil belajar siswa yang mengalami intensitas bermain game online mengalami perubahan dan penurunan karena siswa tidak fokus dalam belajar yang nilainya juga menurun menjadi 70-80. (3) Langkah-langkah kolaboratif Guru BK dan PAI dalam mengurangi intensitas bermain game online yang berdampak pada prestasi siswa yaitu dengan cara mengajak siswa melakukan hal-hal positif seperti les, mengikuti kegiatan olahraga, memberikan informasi kepada siswa bagaimana cara mengatur waktu dengan baik, memberikan dampak negatif yang terjadi apabila siswa secara terus-menerus bermain game online, mengajak siswa untuk mengikuti kegiatan keagamaan, dalam pelaksanaan bimbingan kolaboratif ini Guru BK dan PAI berperan aktif dalam mengawasi siswa yang mengalami intensitas bermain game online agar siswa tersebut dapat mengurangi waktunya untuk bermain game online. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Bimbingan Kolaboratif en_US
dc.subject Intensitas Bermain Game Online en_US
dc.subject Berdampak pada Prestasi Siswa en_US
dc.title BIMBINGAN KOLABORATIF GURU BK DAN PAI DALAM INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE YANG BERDAMPAK PADA PRESTASI SISWA DI SMK NEGERI 5 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account