| dc.description.abstract |
HUSNUL ARDELA MARSHENDA. Pengaruh Model Pembelajran Learning Cycle 7E terhadap Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMAS Taman Mulia Kabupaten Kubu Raya. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam Negeri Pontianak. 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik rata-rata masih dibawah KKM yaitu 56,3 dengan ketetapan KKM 70. Karena itu, peneliti mencoba model lain yaitu Learning Cycle 7E dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas dari penerapan model Learning Cycle 7E terhadap pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI dan signifikansi pengaruh dari penerapan Learning Cycle 7E terhadap pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI materi Menapaki Kehidupan yang Benar Bersama Kitābullah di Kelas XI IIS 1 SMAS Taman Mulia Kabupaten Kubu Raya Tahun Ajaran 2024/2025.
Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen (quasi experimental). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: 1) Observasi, 2) Tes, dan 3) Dokumentasi. Populasi dan sampel penelitian ini adalah kelas XI IIS 1 SMAS Taman Mulia Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini dinyatakan valid (𝑟ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙) dan reliabel (0,7-0,9 > 0,60). Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik (uji normalitas, uji linieritas, persamaan regresi linier sederhana, uji hipotesis, dan koefisien determinasi) dengan aplikasi SPSS versi 27.
Hasil pengolahan data pada penelitian ini diperoleh sebagai berikut: 1) Hasil rata-rata kelas eksperimen adalah 91,74 dengan kategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol adalah 57,89 dengan kategori kurang baik, dan 2) Hasil uji normalitas dinyatakan normal karena sebaran titik-titik amatannya mengikuti garis diagonal utama, uji linieritas dinyatakan linier dengan nilai (sig 0,02 < 0.05), persamaan regresi yang didapat adalah (Y = 20,870 + 35,435X + Error), uji hipotesis berpengaruh positif dengan nilai (sig 0,000 < 0,05), dan koefisien determinasi terdapat pengaruh dari variabel bebas (penerapan Learning Cycle 7E) terhadap variabel terikat (pemahaman) dengan nilai (R) sebesar 0,773 dan nilai (R Square) sebesar 0,597.
Berdasarkan hasil pengolahan data tersebut, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat perubahan dan peningkatan pemahaman dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E, dan 2) Berdasarkan koefisien determinasi, maka dapat dinyatakan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMAS Taman Mulia Kabupaten Kubu Raya”. |
en_US |