| dc.description.abstract |
FURQON ANZALA, “Dampak Pelaksanaan Salat Dhuha Pada Siswa Kelas
V Di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hikmah Kubu Raya Tahun Pelajaran
2024/2025”. Dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program
Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan Madrasah Ibtidaiyah
Baitul Hikmah yang melaksanaan salat dhuha secara rutin bagi seluruh warga
sekolah untuk mewujudkan pondasi anak saleh yang unggul. Tujuan dari
penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan salat
dhuha di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hikmah Kubu Raya: (2) Untuk
menjelaskan dampak dari pelaksanaan salat dhuha pada siswa kelas V di
Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hikmah Kubu Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan
jenis studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah sumber primer dan
sekunder, yaitu: (1) sumber primer guru pendidikan agama islam dan siswa
melalui wawancara serta observasi langsung ke lapangan yang dimana lokasi
penelitiannya berada di Jalan Tanggul Laut, Desa Sungai Rengas, Kecamatan
Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Adapun waktu penelitiannya dimulai
dari bulan Maret 2025 sampai dengan bulan Juni 2025. (2) data sekunder
merupakan data yang diperoleh secara tidak langsung dari objek yang diteliti
yang bersifat umum, yang terdiri dari dokumen, dan buku-buku yang
berkaitan ibadah spiritual.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data
tersebut, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi.
Kemudian pengujian keabsahan data menggunakan tiga teknik yaitu:
Perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, menggunakan bahan referensi. Hasil
Penelitian ini telah menjawab isi dari pertanyaan penelitian. Pertama,
pelaksanaan salat dhuha yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Baitul
Hikmah Kubu Raya dilakukan secara berjamaah, dipimpin dan diawasi oleh
guru. Kedua, dampak salat dhuha terhadap siswa, meliputi (1) memiliki
dampak pembiasaan diri untuk melaksanakan ibadah sunnah, (2) peningkatan
kesidisiplinan dalam beribadah, dan (3) tumbuhnya kepedulian siswa
terhadap sesama. |
en_US |