| dc.description.abstract |
DANI HIDAYAT (12001287), Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an Di SMP Quran Alkarima Kubu Raya. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Skripsi ini bertujuan: satu, untuk mengetahui bagaimana perencanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di SMP Quran Alkarima; dua, untuk mengetahui pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di SMP Quran Alkarima; tiga, untuk mengetahui evaluasi Program Tahfidz Al-Qur’an di SMP Quran Alkarima.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research lapangan. Lokasi penelitian terletak di Sekolah Menengah Pertama Quran Alkarima Kabupaten Kubu Raya. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, kordinator program tahfidz Al-Qur’an, guru pendamping tahfidz, dan siswa. Sementara teknik pengumpulan datanya yaitu dengan melakukan observasi secara langsung, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Teknik analisis data mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk pemeriksaan data menggunakan teknik trianggulasi, member check, dan perpanjangan waktu penelitian.
Setelah dilakukan analisis data terhadap hasil data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: satu, dalam perencanaan program tahfidz Al-Qur’an ditemukan; a. tujuan program tahfidz Al-Qur’an, b. kurikulum program tahfidz Al-Qur’an, c. jadwal kegiatan program tahfidz Al-Qur’an, d. kriteria siswa mengikuti program tahfidz, e. sarana dan prasaran program tahfidz Al-Qur’an. Dua, dalam pengorganisasian program tahfidz Al-Qur’an ditemukan; a. identifikasi dan pengelompokkan kegiatan program tahfidz Al-Qur’an, b. pembagian tugas dan tanggung jawab, c. pendelegasian wewenang dalam program tahfidz Al-Qur’an, d. struktural dalam program tahfidz Al-Qur’an, e. koordinasi program tahfidz Al-Qur’an. Tiga, pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an ditemukan; a. pelaksanaan kegiatan belajar mengajar program tahfidz Al-Qur’an, b. pelaksanaan kegiatan penunjang dalam program tahfidz Al-Qur’an, c. pengelolaan administrasi program tahfidz Al-Qur’an. Empat, evaluasi program tahfidz Al-Qur’an ditemukan; a. standar evaluasi program tahfidz Al-Qur’an, b. mengukur pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an, c. perbandingan standar evaluasi dan pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an, d. penyebab perbedaan standar evaluasi dengan pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an, e. tindakan korektif dari evaluasi program tahfidz Al-Qur’an, f. umpan balik dari evaluasi program tahfidz Al-Qur’an. |
en_US |