Abstract:
PASANG surut perjalanan Islam dan pendidikan Islam jelas tidak akan
pernah lepas dari interaksi akumulasi dengan peradaban-peradaban di
sekitar perkembangan Islam. Perkembangan Islam dan pendidikan Islam ini
juga boleh dikatakan dijiwai oleh semangat normatif dan historis. Disebut
normatif, karena perkembangan Islam dan pendidikan Islam umumnya
dijiwai oleh ajaran agama yang sumbernya adalah Kitab Suci Al-Qur‘an dan
as-Sunnah. Sementara historis, karena wujud respon terhadap berbagai
persoalan hidup umat Islam di berbagai bidang kehidupan.
Karena itu tantangan yang dihadapi oleh Islam dan pendidikan Islam
di zaman kontemporer saat ini jelas jauh berbeda dan kompleks jika ingin
membandingkannya dengan tantangan Islam dan pendidikan Islam di zaman
klasik atau pertengahan, baik secara eksternal maupun internal. Terutama
pendidikan Islam yang perlu didisain untuk menjawab tantangannya, baik
pada sisi konsepnya, kurikulum, kualitas sumberdaya insaninya, lembaga
lembaga dan organisasinya, serta mengkonstruksinya agar dapat relevan. Isu
isu kontemporer seputar Islam dan pendidikan Islam inilah yang selanjutnya
akan dibahas pada buku ini.
Buku ini memuat 10 (sepuluh) esei penulis, yang masing-masing
esei membawa isu-isu tertentu yang aktual untuk didiskusikan, yaitu:
pertama, Perspektif Umat Islam Tentang Ilmu Agama dan Ilmu Umum:
Dari Dikotomi ke Integrasi; kedua, Dikotomi Agama dan Ilmu dalam
Sejarah Umat Islam dan Kemungkinan Pengintegrasiannya:
Prospeknya di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam; ketiga, Masjid
dalam Lintasan Sejarah Umat Islam; keempat, Penyimpangan Seksual:
Sebuah Interpretasi Teologi, Psikologi dan Pendidikan Islam; kelima, Hak
Hak Anak yang Dirampas: Kajian Terhadap Kasus Perdagangan dan
Eksploitasi Anak dalam Sudut Pandang HAM dan Islam; keenam, Nilai
Nilai Pendidikan dalam Jihad; ketujuh, Sekolah Progresif: Relevansinya
Bagi Sekolah Bercirikan Islam di Indonesia; kedelapan, Pendidikan
Agama Islam Berwawasan Kearifan Lingkungan di Sekolah Dasar: Dasar,
Signifikansi dan Implementasi; kesembilan, Pendidikan Karakter dalam
Islam: Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis
Akhlaq al-Karimah; kesepuluh, Neo-Modernisme Islam Nurchalish Madjid:
Relevansinya dengan Pembaruan Pendidikan Islam.