| dc.description.abstract |
M. Ilham Zalindra Putra: 11831049, Peran Komunikasi Digital dalam Melayani
Pelanggan pada Livinc Cafe. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam. Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
2025/1446 H.
Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti terhadap Livinc Cafe yang
menggunakan komunikasi digital dengan melibatkan penggunaan media dan
platform digital untuk berinteraksi dengan pelanggan dan mempromosikan bisnis.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan komunikasi
digital pada Livinc Cafe. (2) mendeskripsikan hambatan-hambatan komunikasi
digital dalam melayani pelanggan pada Livinc Cafe.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Penelitian dilakukan di Livinc Cafe Pontianak. Subjek penelitian ini terdiri dari satu
manajer, satu asisten manajer, dan tiga barista merangkap kasir. Pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik
pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dilakukan
dengan mengkaji data dari berbagai narasumber mengenai peran komunikasi digital
dalam melayani pelanggan pada Livinc Cafe. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kualitatif model interaktif dengan tahapan, yaitu pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komunikasi digital Livinc Cafe
dalam melayani pelanggan digunakan untuk menyebarkan informasi, interaksi,
kolaborasi, akses informasi, efisiensi, konektivitas, pembentukan opini, edukasi
dan kegiatan promosi. Komunikasi digital melibatkan penggunaan media dan
platform digital untuk berinteraksi dengan pelanggan dan mempromosikan
bisnis. Ini mencakup berbagai strategi seperti penggunaan media sosial (Instagram,
WhatsApp Bussiness, dan TikTok), pemasaran konten, dan iklan online untuk
menjangkau audiens yang lebih banyak dan luas, meningkatkan kesadaran merek,
dan mendorong penjualan. (2). Hambatan-hambatan komunikasi digital dalam
melayani pelanggan pada Livinc Cafe yang masih dialami, yaitu hambatan fisik
seperti gangguan jaringan internet saat cuaca buruk dan saat sedang ramai
pengunjung, hambatan emosional seperti menghadapi pelanggan yang marah atau
kecewa karena pelayanan yang lambat dan adanya miskomunikasi di media digital,
hambatan identitas, seperti keraguan terhadap akun resmi perusahaan, hambatan
semantik seperti terjadi kesalahpahaman terhadap promosi perusahaan, hambatan
aksesibilitas seperti kesulitan mengakses menu online untuk pelanggan yang lebih
tua atau tidak terlalu akrab dengan media digital, hambatan perhatian seperti
persaingan konten di media sosial sehingga pesan promosi kurang mendapat
perhatian, dan hambatan kredibilitas seperti keraguan dari pelanggan baru terkait
kualitas produk karena belum pernah berkunjung langsung ke kafe. |
en_US |