STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK DANA PENSIUN PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI KCP PONTIANAK AHMAD YANI KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syaifullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Aji Usman, Sandi
dc.contributor.author PUTRI KUSUMA, SISKA
dc.date.accessioned 2022-06-17T12:45:10Z
dc.date.available 2022-06-17T12:45:10Z
dc.date.issued 2018-08-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/761
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah persaingan dunia perbankan yang semakin global, strategi pemasaran pada produk dana pensiun sendiri masih kurang. Kekurangnnya adalah dalam pemasarannya tidak salah tetapi tidak efektif, salah satu penyebabnya karena mencari nasabahnya kurang besar atau kurang bersifat masal. Penelitian ini bertujuan: bagaimana implementasi strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan daya tarik nasabah pada produk dana tabungan dan produk pembiayaan dana pensiun PT Bank Syariah Mandiri KCP Pontianak Ahmad Yani Kota Pontianak? Kesimpulan Penelitian ini yaitu: 1) Strategi funding produk dana pensiun pada PT Bank Syariah Mandiri KCP Pontianak Ahmad Yani di Kota Pontianak adalah dengan menggunakan Marketing Mix 4P, di antaranya yaitu: a.) Product (Produk), dari segi adalah dengan memberikan tabungan khusus pensiun pada produk dana pensiun ini; b.) Price (Harga) dari segi harga adalah dengan cara memberikan bagi hasil pada tabungan pensiun sehingga nasabah mendapatkan keuntungan karena menggunakan akad mudharabah mutlaqah; c.) Promotion (Promosi) dari segi promosi adalah dengan cara advertising (periklanan) pada tabungan pensiun periklanan hanya dilakukan dengan memasang baleho dan belum ada brosur khusus tabungan pensiun, sales promotion (promosi penjualan), personal selling (penjualan pribadi), dan publicity (publisitas). Selain itu, strategi utama PT. Bank Syariah Mandiri KC Pontianak Ahmad Yani dalam memasarkan tabungan pensiun adalah dengan cara mengunjungi langsung rumah nasabah dan kantor-kantor sasaran untuk menawarkan produk dengan menggunakan sistem jemput bola; d.) Place (Tempat) dari segi tempat adalah dengan cara memilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat luas. 2) Strategi financing produk dana pensiun pada PT Bank Syariah Mandiri KCP Pontianak Ahmad Yani di Kota Pontianak adalah dengan menggunakan Marketing Mix 4P, di antaranya yaitu: a.) Product (Produk), dari segi adalah memberikan pembiayaan khusus kepada pensiunan pada produk dana pensiun ini yang bersifat konsumer (multi guna); b.) Price (harga) dari segi harga pada penyaluran dana produk dana pensiun dengan adanya pembiayaan kepada pensiunan yang harga nya di tentukan dari gaji dan umur nasabah tersebut untuk mendapatkan besarnya pembiayaan yang didapatkan; c.) Promotion (promosi) dari segi promosi advertising (periklanan) pada, sales promotion (promosi penjualan), personal selling (penjualan pribadi), dan publicity (publisitas). Selain itu, strategi utama PT. Bank Syariah i2 Mandiri KC Pontianak Ahmad Yani dalam memasarkan pembiayaan pensiun adalah dengan cara mengunjungi langsung rumah nasabah dan kantor-kantor sasaran untuk menawarkan produk dengan menggunakan sistem jemput bola; d.) Place (tempat) dari segi tempat adalah dengan cara memilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat luas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Pemasaran, Produk Dana Pensiun, Marketing Mix. en_US
dc.title STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK DANA PENSIUN PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI KCP PONTIANAK AHMAD YANI KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account