dc.contributor.advisor |
Mandara Harahap, Rina |
|
dc.contributor.advisor |
Hanis, Rianda |
|
dc.contributor.author |
OKTALIA, SHINTA |
|
dc.date.accessioned |
2022-06-17T12:25:58Z |
|
dc.date.available |
2022-06-17T12:25:58Z |
|
dc.date.issued |
2019-02-18 |
|
dc.identifier.uri |
https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/760 |
|
dc.description.abstract |
Perkembangan teknologi dalam sistem pembayaran telah mendorong munculnya less
cash society dimana masyarakat menggunakan lebih banyak instrumen pembayaran non tunai
dibandingkan dengan instrumen pembayaran dalam bentuk cash (tunai) salah satunya uang
elektronik. Uang elektronik (atau uang digital) adalah uang yang digunakan dalam transaksi
Internet dengan cara elektronik. Penggunaan uang elektronik juga ditetapkan oleh Bank
Indonesia pada tanggal 14 Agustus 2014 secara resmi mencanangkan Gerakan Nasional Non
Tunai (GNNT), yaitu program untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dan pelaku ekonomi
mengenai penggunaan uang elektronik. Hal tersebut mendorong ingin mengetahui pengaruh
persepsi manfaat dan kemudahan terhadap minat menggunakan uang elektronik tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) persepsi manfaat terhadap minat
penggunaan uang elektronik di kota Pontianak. (2) pengaruh persepsi kemudahan terhadap minat
penggunaan uang elektroni di kota Pontianak. (3) pengaruh persepsi manfaat dan kemudahan
secara simultan terhadap minat penggunaan uang elektronik di kota Pontianak. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh masyarakat di kota Pontianak yang menggunakan uang elektronik.
Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah sampel 100
responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini
menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan kemudian dianalisis dengan regresi
linier berganda. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier
berganda yang bertujuan untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh dan mengetahui
pengaruh mengenai hubungan antar variabel .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat tidak berpengaruh terhadap
minat menggunakan uang elektronik namun persepsi kemudahan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik. Berdasarkan hasil uji ketetapan model
nilai R Square diperoleh sebesar 0,309 atau 30,9 %. Hal ini mengandung arti bahwa pengaruh
variabel Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan secara bersama-sama berpengaruh terhadap
minat menggunakan uang elektronik. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
IAIN PONTIANAK |
en_US |
dc.subject |
Persepsi Manfaat, Kemudahan, Minat penggunaan Uang Elektronik. |
en_US |
dc.title |
PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK DI KOTA PONTIANAK |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |