PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MONOPOLY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM HARAPAN INDAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.advisor Widiatmaka, Pipit
dc.contributor.author Wafiqka, Nurul
dc.date.accessioned 2025-09-03T01:36:16Z
dc.date.available 2025-09-03T01:36:16Z
dc.date.issued 2024-10-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7594
dc.description.abstract NURUL WAFIQKA 12011060, Pengembangan Alat Permainan Edukatif Monopoly Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di TK Islam Harapan Indah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Istitut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN), 2024. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Tahap pengembangan Alat Permainan Edukatif Monopoly Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak Usia Dini di TK Islam Harapan Indah, 2) Mengetahui apakah Pengembangan Alat Permainan Edukatif Monopoly dapat meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Islam Harapan Indah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Develoment (R&D) dengan model 4-D terdiri empat tahap yaitu Define, Design, Develope, dan Desseminate. Subjek penelitian adalah siswa siswi kelompok B6 TK Islam Harapan Indah yang berjulah 20 anak. Instrumen penelitian yaitu berupa lembar validasi, lembar wawancara, lembar kuesioner guru dan lembar penilaian anak dan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan lembar kuesioner. Hasil penelitian yaitu: 1) Tahap Define dibagi menjadi tiga tahap yaitu, analisis awal, analisis peserta didik, analisis materi untuk mengidentifikasikan materi utama yang diajarkan sesuai dengan tema yang berdasarkan kurikulum. 2) Tahap Design dibagi menjadi empat tahap yaitu, penyususnan standar tes, pemilihan media, pemilihan format, rancangan awal. 3) Tahap Develope dibagi menjadi dua tahap yaitu, validasi ahli materi buku panduan 80% dengan kategori sangat layak, validasi ahli materi 86,6% dengan kategori sangat layak dan validasi ahli media buku panduan 92% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media 82% dengan kategori sangat layak, uji produk respon peserta didik sebelum menggunakan media nilai presentase 51,25%, setelah menggunakan media mendapatkan nilai presentase 100%, angket dua guru dengan prsentase 71,42% dengan kategori baik . 4) Tahap Desseminate hasil dari pengembangan media kesekolah tempat peneliti dengan mendapatkan respon positif dari pihak sekolah, dari nilai rata-rata yang didapatkan di sekolah adalah 71,42% dari rentang 1-5 skala likert sehingga mendapatkan kategori baik. Pengembangan media Monopoly dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dari skor 41 dengan presentase 51,25% sebelum menggunakan media dan meningkat secara signifikan setelah menggunkan media yang mendapatkan skor 80 dengan presentase 100% en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Edukatif Monopoly en_US
dc.subject Kemampuan Kognitif en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MONOPOLY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM HARAPAN INDAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account